Selasa, 28 September 2010

Hebatnya Pelanggan ( Customer Power)

Customer Power : How to Grow Sales and Profits in a Customer-Driven MarketplaceBerapa banyak perusahaan gulung tikar karena pelanggan mereka mengalihkan order. Berapa banyak perusahaan menanam investasi untuk sekedar memuaskan pelanggan. Berapa banyak perusahaan rela merugi untuk mendapatkan pelanggan mereka kembali.

Tahukah kita bahwa pelanggan punya kekuatan besar untuk membuat perusahaan kita jaya atau gulung tikar. Kenapa bisa begitu, karena merekalah yang pegang uang untuk membeli produk dan jasa yang kita buat. Bayangkan jika produk dan jasa yang kita buat tidak laku karena pelanggan kecewa dengan kualitas produk dan jasa kita. Padahal seperti kita tahu, perusahaan  juga harus membayar gaji karyawan, membiayai operasional perusahaan, membayar pajak dan mencicil hutang. Jika tidak ada untung, maka pelan-pelan perusahaan berada dalam kondisi kritis. Artinya jika tidak selamat ya bangkrut.

Jadi sayangilah pelanggan Kita, karena sebetulnya merekalah yang membuat kita jadi seperti sekarang ini.

Senin, 20 September 2010

Team work untuk merencanakan produk baru

The PDMA Handbook of New Product Development, Second EditionBagaimana merencanakan produk baru dengan baik? Siapa saja yang harus terlibat dalam perencanaan produk baru? Apa manfaatnya team produk baru dalam merencanakan new product development?

Merencanakan produk baru adalah phase terkritis dalam sebuah industri manufaktur. Kegagalan merencanakan berarti kegagalan perusahaan dalam memenuhi permintaan pelanggan. Membuat produk baru dengan perhitungan yang matang akan menimbulkan kesuksesan perusahaan merebut kompetisi pasar yang ketat.

Setiap permintaan pelanggan (customer voice) harus diterjemahkan dalam bahasa desain produk dan desain proses. Team yang terbentuk dari bagian marketing, research and development, enginnering proses, quality assurance dan quality control, produksi dan production planning, serta ware house dan purchasing adalah team work yang harus tahu adanya produk baru. Setiap detail permintaan pelanggan akan disikapi dan ditindaklanjuti oleh setiap bagian dengan memberikan masukan, ide dan kendala yang dihadapi dalam phase pengembangan produk baru. Dengan keterlibatan team work maka produk baru yang dihasilkan adalah betul-betul suatu produk yang sudah dirancang, diuji, diverifikasi dan divalidasi sebelum diluncurkan ke pasar.

Semakin ketat team Anda bekerja menyempurnakan produk baru, maka akan menghasilkan produk yang berkualitas sesuai permintaan pasar.

Quality Control Circle - Memberdayakan budaya improvement dari bawah

Continuous Improvement: Quality Control Circles in Japanese Industry (Michigan Papers in Japanese Studies)Bagaimana memberdayakan operator (bottom line) untuk dapat berkarya dan meningkatkan produktivitasnya? Bagaimana pula agar mereka meningkat loyalitasnya? Apa peran top management dalam QCC?

Banyak pertanyaan terkait QCC dan apa manfaatnya, benarkah QCC mampu menjawab semua pertanyaan di atas. Untuk membuktikan kehebatan QCC, ada baiknya kita belajar dari perusahaan yang sudah mapan dalam menjalankan QCC. Namun, secara teoritis QCC mampu memberdayakan operator dan meningkatkan loyalitasnya, dengan catatan top management mengambil peran secara totalitas untuk mendukung jalannya QCC atau Gugus Kendali Mutu.

QCC akan merangsang ide-ide improvement secara dinamis dari para operator. Mereka adalah ujung tombak dari semua jalannya bisnis perusahaan. Mengapa demikian? ya karena merekalah yang membuat produk perusahaan Anda menjadi baik atau buruk, merekalah yang akan membuat kapasitas produksi perusahaan Anda tercapai atau tidak, merekalah yang tahu kondisi mesin setiap detiknya, merekalah yang tahu kelemahan proses setiap tahapnya, merekalah yang mencucurkan keringatnya setiap saat untuk memenuhi permintaan pasar akan produk dan jasa. 

QCC akan mengakui semua alasan tersebut untuk ditampilkan ke permukaan dari setiap ide-ide perbaikan operator. Dengan pengakuan tersebut maka akan muncul suatu kebanggan bahwa menjadi operator adalah suatu prestasi yang membanggakan jika mereka diberikan peran dalam setiap penyelesaian masalah-masalah yang mereka hadapi.

Berani mencoba QCC?

Sabtu, 04 September 2010

Tips sukses audit sertifikasi ISO 9001:2008

Managing the Audit Function: A Corporate Audit Department Procedures GuideSetelah Anda mendesain sistem manajemen mutu dalam bentuk manual mutu, prosedur mutu, instruksi kerja dan formulir terkait, serta menerapkannya dalam pekerjaan, apa langkah selanjutnya untuk sertifikasi ISO 9001:2008?



Berikut ini adalah tips untuk sukses audit sertifikasi atau audit pihak ke-3 dari badan sertifikasi:





  1. Implementasikan selama minimal 3 bulan semua aturan yang tertuang dalam manual mutu, prosedur mutu, instruksi kerja dan formulir terkait.
  2. Busines process mapping sudah sesuai dengan praktek organisasi, termasuk proses-proses yang dikecualikan dalam sistem manajemen mutu.
  3. Kebijakan mutu sudah disosialisasikan dan terpampang dengan jelas untuk diakses semua personel organisasi.
  4. Surat penunjukan management representative dan auditor internal sudah ditetapkan oleh top management.
  5. Sebelum audit sertifikasi pastikan bukti hasil tinjauan manajemen berikut ini sudah dilakukan dan susun dalam satu berkas: 

    • Hasil audit internal
    • Umpan balik dari pelanggan
    • Kinerja proses dan keseuaian produk (sasaran mutu)
    • Status tindakan perbaikan dan pencegahan
    • Tindak lanjut tinjauan manajemen sebelumnya
    • Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu
    • Saran-saran untuk peningkatan 

Hasil tinjauan manajemen dibuktikan dengan kebijakan top management seperti : 


  • dikeluarkannya Surat Keputusan atau peraturan dari top management sebagai tindak lanjut dari notulen meeting tinjauan management. 
  • Buktikan adanya komitmen yang tinggi dari top management saat diaudit oleh auditor badan sertifikasi.

              Dear Pembaca yang budiman

              Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com