Jumat, 18 Februari 2011

Menyikapi Temuan dalam Audit ISO 9001

Ada berapa temuan dalam audit SMM ISO 9001:2008 terakhir kali di perusahaan Anda? berapa kategori temuan tersebut? major, minor ataukah hanya saran dari auditor? terus bagaimanakah anda menyikapi temuan tersebut?

Bicara implementasi ISO 9001 pada prinsipnya adalah bicara mengenai komitmen dan konsistensi dari para pelaku proses. Artinya, kita bicara mengenai 'people'. Manusia memang selalu akan berusaha menjadi yang terbaik dibidangnya, namun perlu dilakukan juga fungsi kontrol apakah yang dilakukan sudah benar ataukah masih perlu perbaikan. Sehingga temuan dalam audit sebetulnya adalah fungsi kontrol yang lebih objective. Mengapa lebih objective? ya, karena audit ISO 9001 dilakukan oleh third party yang independen. Jika fungsi kontrol dilakukan oleh atasan, bawahan atau rekan satu team, maka obyektivitas tidak bisa dijamin.

Jadi, menyikapi temuan audit ISO 9001 bukanlah sesuatu hal yang kita harus malu, merasa bersalah atau kurang "well perform" dengan baik. Yang terpenting adalah adanya proses perbaikan dari setiap temuan yang disampaikan auditor. Bukankah Anda sendiri selalu ingin menjadi lebih baik bukan?

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com