Selasa, 29 Maret 2011

Supplier Quality Manual

Pernahkah Anda bermasalah dengan para supplier atau vendor terkait dengan quality product dan service yang Anda tetapkan? Berapa sering mereka bermasalah? Seberapa jauh efek terhadap quality product Anda?

Supplier Evaluation & Performance ExcellenceJika product Anda terpengaruh akibat quality material yang kurang baik dari supplier atau vendor, ada baiknya segera lakukan analisis untuk mencari root causenya. Bisa jadi quality yang kurang baik tersebut dikarenakan karena Anda menetapkan persyaratan yang kurang spesifik, multi tafsir, susah dipenuhi dan tidak masuk akal. Untuk mencegah timbulnya hal-hal seperti diatas, maka diperlukan supplier quality manual. Apa itu supplier quality manual? hampir sama dengan quality manual perusahaan Anda, hanya saja diperuntukan khusus untuk supplier atau vendor yang akan mensuplai material atau barang - barang lain yang mendukung product Anda

Lakukan meeting dengan para supplier atau vendor mengenai tingkat kemampuan mereka dalam memenuhi standar yang Anda tetapkan dalam supplier quality manual tersebut. Ajak selalu mereka dalam setiap problem yang Anda hadapi, seperti dalam pengembangan produk baru, penanganan komplain dan klaim pelanggan, serta sosialisasi kebijakan perusahaan Anda.

Rabu, 16 Maret 2011

6 Prosedur Wajib dalam Dokumentasi ISO 9001

Tahukah Anda bahwa dalam dokumentasi ISO 9001:2008 ada berapa prosedur yang minimal ditetapkan oleh manajemen? 

Dalam praktek penerapan ISO 9001 diperlukan adanya prosedur terdokumentasi yang mengatur mengenai hal-hal berikut ini:
  1. Pengendalian dokumen dan data
  2. Pengendalian catatan mutu
  3. Internal audit
  4. Pengendalian Produk tidak sesuai
  5. Tindakan perbaikan
  6. Tindakan pencegahan
Penerapan ke-enam prosedur wajib tersebut secara efektif menjadi indikator jalannya sistem manajemen mutu berjalan dengan baik. Mengapa demikian? Mari kita lihat prinsip dari sistem manajemen mutu ISO 9001 adalah untuk mewujudkan kepuasan pelanggan. Untuk mencapai kepuasan pelanggan maka produk dan jasa yang kita berikan ke pelanggan harus memenuhi apa yang pelanggan inginkan. 

Dalam realisasi proses di internal perusahaan, selalu ditekankan adanya prinsip pengendalian mutu :
  1. Tidak membuat ketidaksesuaian atau non conformity
  2. Tidak menerima ketidaksesuaian
  3. Tidak meneruskan ketidaksesuaian ke proses berikutnya
Ketiga prinsip tersebut dapat dikontrol dengan ke-enam prosedur tersebut. Silahkan uraikan keterkaitan antara 6 prosedur dengan tiga prinsip pengendalian mutu tersebut, dan temukan jawabannya.

Selasa, 15 Maret 2011

Standar Nasional Indonesia untuk Produk

Kalau Anda seorang Biker, apakah Helmet Anda terdapat emboss "SNI"? Apa kelebihan helm yang SNI dengan yang tidak ber-SNI?

Standar Nasional Indonesia adalah standar yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin produk yang digunakan masyarakat memenuhi persyaratan keselamatan dan memenuhi persyaratan kelayakan penggunaan (SNI Wajib). Mengapa SNI menjadi sangat penting? Ya, karena dipastikan bahwa produk yang ber-SNI telah melampaui serangkaian uji laboratorium untuk memenuhi persyaratan mutu. Apa persyaratan mutunya? tergantung dari apa yang tertulis di SNI, bisa persyaratan dimensi, persyaratan visual ataupun persyaratan uji performance.

Perusahaan yang telah disertifikasi produknya dengan SNI juga diaudit penerapan sistem manajemen mutunya. Sistem Manajemen Mutu tersebut mengacu ke persyaratan ISO 9001 atau ekuivalennya. Audit tersebut juga dilakukan selama periode tertentu (biasanya tahunan) sebagai wujud pengawasan berkala. Dengan demikian konsistensi produsen dalam menghasilkan produk yang bermutu dapat diwujudkan.

Minggu, 13 Maret 2011

Tips Membeli Barang dengan Bijak

Jika Anda ingin membeli barang yang Anda butuhkan, cobalah Anda amati bagaimana si penjual melayani Anda dari berbagai toko yang Anda kunjungi untuk barang yang sama. Ada kemungkinan beberapa kondisi yang akan Anda temui :
  1. Anda akan ditawarkan dengan harga murah.
  2. Anda akan ditawarkan dengan harga mahal.
  3. Anda akan ditawarkan dengan harga sedikit lebih murah.
Dari setiap harga yang penjual tawarkan mengandung konsekuensi masing-masing. Harga murah mungkin kualitasnya sedikit di bawah. Harga mahal mungkin karena kualitas. Harga sedikit lebih murah mungkin karena Anda pelanggan lama. 

Jika kita maunya yang murah, maka kualitas cenderung kurang memenuhi harapan kita. Jika kita membeli yang mahal, belum tentu juga kualitasnya terjamin. Lalu bagaimana cara kita memilihnya?

Yang harus jadi patokan saat Anda membeli barang adalah persyaratan minimum yang Anda harapkan terpenuhi. Persyaratan minimum bisa dalam harga, kualitas, model, garansi, harga jual kembali, dan lain-lain. Ketika kualitas menjadi pertimbangan, maka sebetulnya jika Anda membayar sedikit lebih mahal, maka hal tersebut sangatlah wajar. Dengan kualitas barang yang bagus, maka nilai fungsi yang didapat akan semakin lebih lama. Jadi sebetulnya dengan umur pemakaian yang lebih lama, Anda tidak rugi. 

Jadi tetapkanlah apa syarat minimalnya, lalu putuskan dengan bijak.

Kamis, 10 Maret 2011

Apa Peran Saya dalam Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

Apa peran saya dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 (SMM)? Seberapa besar peran saya tersebut dalam organisasi? Apa yang akan terjadi jika peran tersebut tidak saya jalankan?

Dalam prakteknya, masih banyak pelaku organisasi yang masih abstrak apa sebenarnya peran mereka dalam penerapan ISO 9001:2008. Sebetulnya sangat simple untuk menentukan apa peran saya sebenarnya dalam penerapan ISO 9001 tersebut. Bagaimana caranya? Ok sekarang kita bicara hakikat bekerja. Dalam setiap pekerjaan dituntut adanya niat, kerja keras, pantang menyerah, bekerja sama, berdiskusi, berencana, dan lain-lain. Artinya jika kita bicara peran maka peran kita adalah minimal apa yang seharusnya kita lakukan untuk memenuhi target bekerja. Apa target bekerja? dalam pengertian yang sangat sempit maka target bekerja bisa berwujud memenuhi kapasitas produksi, mencegah kerusakan produk, memuaskan pelanggan, meningkatkan absensi karyawan, memperbaiki mesin rusak, dll. Dalam arti luas, maka target bekerja adalah menjadikan perusahaan kita "untung". Dengan laba atau keuntungan maka apa yang menjadi harapan semua orang dalam perusahaan sangat mungkin terwujud (kesejahteraan).

Kembali ke peran saya dalam penerapan ISO 9001, adalah apa yang menjadi peran kita dalam bekerja sehari-hari haruslah sesuai dengan prosedur kerja yang ditetapkan. Mengapa demikian, hal tersebut untuk mengurangi adanya potensi kegagalan kerja, potensi penyimpangan dan potensi pemborosan. Dalam bahasa yang mudah adalah ISO mengisyaratkan peran kita dengan disemanagati komitmen dan konsistensi untuk melakukannya.

Sabtu, 05 Maret 2011

Merawat Mesin Produksi

Maintenance Planning and Scheduling Handbook (McGraw-Hill Handbooks)Dalam sehari berapa jam mesin produksi di perusahaan Anda "running"? Berapa jumlah mesin yang disiapkan "stand by" untuk mengantisipasi mesin problem? Jika terjadi problem, bagaimana mengantisipasinya?

Bicara mengenai proses manufaktur tidak akan terlepas dari mesin produksi yang digunakan. Mesin tersebut adalah "nyawa" dari core business perusahaan Anda. Jika core business anda adalah printing, maka mesin printing adalah nyawanya, jika core business nya adalah injeksi maka mesin injeksi adalah nyawanya. Sehingga untuk menjadi pemain kunci dalam business yang anda geluti maka peran mesin produksi adalah vital.

Merawat mesin merupakan salah satu cara untuk menjamin proses anda terus berjalan. Tujuan perawatan adalah untuk memastikan bahwa semua parameter mesin dalam kondisi sehat selalu dan siap dijalankan sesuai schedule produksi. Mesin mempunyai keterbatasan seiring dengan berjalannya waktu, sehingga perawatan pun membutuhkan "management" tersendiri untuk merawatnya. Sayangilah mesin Anda, sebab dengan mesin tersebut perusahaan Anda akan mampu terus menghasilkan untuk menuju perusahaan yang "profitable". Dengan profit tersebut maka kesejahteraan semakin dengan kita, bukan?

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com