Minggu, 18 Desember 2011

Memulai perbaikan sistem manajemen mutu dari hal sederhana

Bagaimana memulai sebuah perbaikan sistem manajemen mutu? Siapa yang harus memulai?

Pertanyaan ini sangat dasar terbersit ketika kita untuk pertama kalinya akan melakukan perbaikan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Perbaikan dapat dimulai dari hal yang sangat sederhana. Mengapa? jangan bicara sesuatu yang besar ketika hal-hal yang sederhana saja kita tidak mau melakukannya (tidak peduli). Sebagai contoh hal sederhana yang dapat kita mulai lakukan adalah:
  • mengisi check sheet, tidak akan butuh waktu lama bukan untuk mengisi check sheet dengan benar? 
  • meletakkan sesuatu pada tempatnya, tidak susah bukan ketika kita mengambil dokumen dan meletakkan kembali pada tempatnya?
  • mengingatkan untuk konsisten dan komitmen, mudah bukan ketika rekan sekerja kita melakukan kesalahan kita ingatkan dengan sopan dan membantunya untuk memperbaiki kesalahan tersebut?
  • menjadi contoh terpuji, sangat mudah bukan untuk kita dijadikan contoh orang lain dalam disiplin, tingkah laku dan perkataan?
Masih banyak contoh mudah sederhana yang seharusnya bisa kita lakukan. Nah siapa yang harus memulai perbaikan tersebut? Anda jawabannya. tutup mata dan telinga Anda, segera lakukan perbaikan dari tempat kerja anda, dan terus pancarkan energi perbaikan tersebut di sekitar Anda. Bagaimana dengan orang lain? tenang...mereka akan melihat Anda dan jika mereka masih punya mata dan hati maka yang sudah anda lakukan sebetulnya adalah ajakan untuk mereka mengikuti Anda, walaupun Anda tidak pernah menyuruh. Selamat memulai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com