Kamis, 28 Januari 2010

Mulai dari Improvement Terkecil

The Goal: A Process of Ongoing ImprovementMemulai sebuah improvement secara besar-besaran adalah sebuah kebajikan. Namun bagi beberapa kita mungkin tidak mudah seperti membalikan tangan. Dengan makin banyaknya masalah, modal yang diperlukan, anggota organisasi yang terus bergelora, ide yang selalu dinamis, tentunya akan menjadi tantangan tersendiri saat akan melakukan improvement. Don't worry, untuk memulai sebuah perbaikan besar mulailah dengan hal terkecil yang mampu secara pribadi kita selesaikan. Coba, pernahkah kita mengalami hal seperti dibawah ini????



  • terlambat meeting
  • terlambat merespond pelanggan
  • lupa tanda tangan
  • salah ketik proposal
  • lupa memberikan cc ke Departemen terkait
  • file-file kerja berantakan
Untuk sekali kejadian mungkin dapat dimaklumi, namun seandainya berulang dan berulang apakah kita sadari bahwa hal ini akan menggerogoti performa kita?
Memulai small improvement dimulai dari diri sendiri. Mengapa? ya, karena hal tersebut adalah hal termudah sebelum kita menyuruh orang lain untuk memulai sebuah improvement. Dalam beberapa case, small improvement dapat membawa efek yang luar biasa. Bukankah semua pekerjaan besar tidak mentolerir kesalahan? terlepas itu kecil ataupun besar.

Memulai perbaikan kecil dari diri sendiri akan memberi pelajaran secara tidak langsung kepada orang lain yang berinteraksi dengan kita. Energi kecil yang kita keluarkan untuk perbaikan diri sangat luar biasa efeknya saat semua orang berargumen "ya saya mencontoh dari Anda yang selalu komit dan konsisten memperbaiki diri sekecil apapun itu".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com