Jumat, 16 April 2010

Improvement atau Kompetitor Menggilas Kita

Strategic and Competitive Analysis: Methods and Techniques for Analyzing Business CompetitionPercayakah Anda kalau Anda tidak melakukan improvement anda akan tergilas kompetitor?

Di era serba terbuka pelanggan mempunyai hak untuk tahu seberapa jauh produk atau jasa yang akan kita berikan bisa memberi nilai tambah. Apalagi pelanggan harus membayar dengan jumlah yang besar. Pilihan sulit memang ketika kompetitor dengan harga sedikit lebih rendah dengan kualitas sama mengambil calon potensial pelanggan kita. Apa yang terjadi kenapa kompetitor bisa menurunkan harga sementara kita tidak bisa???

Kita lihat fakta yang ada di sekitar kita:
  • harga sama namun service kompetitor lebih baik
  • layanan purna jual kompetitor lebih manusiawi
  • kompetitor memiliki hotline 24 jam
  • kompetitor mengerti kesulitan pelanggan
  • kompetitor design produknya selalu up date
  • dsb
Apa yang akan kita lakukan setelah kita tahu kompetitor mengancam bisnis kita? lakukan segera improvement. Dalam praktek beberapa perusahaan melakukan improvement dengan pendekatan QCDSMPE (quality, cost, delivery, safety, morale, productivity, environtment). Jangan lupa mengenai fokus dan prioritas pada improvement yang mendesak. Selamat berimprovement!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com