Rabu, 12 Mei 2010

ISO 9001 Bukan Manajemen Arsip

Quality Management for Organizational Excellence: Introduction to Total Quality (6th Edition)Pengalaman kami menunjukan bahwa penerapan ISO 9001 memang membawa manfaat pada perbaikan sistem dokumentasi dan pengarsipan. Namun, jika penerapan tersebut hanya mendapatkan improvement dari sisi dokumen, maka peusahaan Anda termasuk yang merugi.

Kenapa merugi???? karena sebenarnya target yang dicapai adalah adanya kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan memberi kesempatan untuk perusahaan Anda berkembang lebih baik. Dengan perkembangan bisnis yang signifikan, maka apapun yang akan dilakukan perusahaan menjadi serba "mungkin". Menaikan kesejahteraan sangat mungkin, menambah mesin sangat mungkin, meluaskan usaha sangatlah mungkin, dan mungkin-mungkin lainnya yang sangat dekat dengan kepastian.

Indikator tercapainya manfaat penerapan ISO 9001 dapat terlihat dari :
  • order yang semakin meningkat
  • meningkatnya loyalitas pelanggan
Jika dua hal tersebut dapat dicapai maka secara bisnis perusahaan anda memenuhi syarat minimum untuk menjadi besar. Sudahkah 2 hal tersebut tercapai? atau perusahaan Anda hanya cukup dengan manajemen arsip yang baik saja? pilihan ada di Anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com