Sabtu, 05 Maret 2011

Merawat Mesin Produksi

Maintenance Planning and Scheduling Handbook (McGraw-Hill Handbooks)Dalam sehari berapa jam mesin produksi di perusahaan Anda "running"? Berapa jumlah mesin yang disiapkan "stand by" untuk mengantisipasi mesin problem? Jika terjadi problem, bagaimana mengantisipasinya?

Bicara mengenai proses manufaktur tidak akan terlepas dari mesin produksi yang digunakan. Mesin tersebut adalah "nyawa" dari core business perusahaan Anda. Jika core business anda adalah printing, maka mesin printing adalah nyawanya, jika core business nya adalah injeksi maka mesin injeksi adalah nyawanya. Sehingga untuk menjadi pemain kunci dalam business yang anda geluti maka peran mesin produksi adalah vital.

Merawat mesin merupakan salah satu cara untuk menjamin proses anda terus berjalan. Tujuan perawatan adalah untuk memastikan bahwa semua parameter mesin dalam kondisi sehat selalu dan siap dijalankan sesuai schedule produksi. Mesin mempunyai keterbatasan seiring dengan berjalannya waktu, sehingga perawatan pun membutuhkan "management" tersendiri untuk merawatnya. Sayangilah mesin Anda, sebab dengan mesin tersebut perusahaan Anda akan mampu terus menghasilkan untuk menuju perusahaan yang "profitable". Dengan profit tersebut maka kesejahteraan semakin dengan kita, bukan?

1 komentar:

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com