Selasa, 15 Maret 2011

Standar Nasional Indonesia untuk Produk

Kalau Anda seorang Biker, apakah Helmet Anda terdapat emboss "SNI"? Apa kelebihan helm yang SNI dengan yang tidak ber-SNI?

Standar Nasional Indonesia adalah standar yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin produk yang digunakan masyarakat memenuhi persyaratan keselamatan dan memenuhi persyaratan kelayakan penggunaan (SNI Wajib). Mengapa SNI menjadi sangat penting? Ya, karena dipastikan bahwa produk yang ber-SNI telah melampaui serangkaian uji laboratorium untuk memenuhi persyaratan mutu. Apa persyaratan mutunya? tergantung dari apa yang tertulis di SNI, bisa persyaratan dimensi, persyaratan visual ataupun persyaratan uji performance.

Perusahaan yang telah disertifikasi produknya dengan SNI juga diaudit penerapan sistem manajemen mutunya. Sistem Manajemen Mutu tersebut mengacu ke persyaratan ISO 9001 atau ekuivalennya. Audit tersebut juga dilakukan selama periode tertentu (biasanya tahunan) sebagai wujud pengawasan berkala. Dengan demikian konsistensi produsen dalam menghasilkan produk yang bermutu dapat diwujudkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com