Selasa, 22 Januari 2013

Efisiensi Proses Manufaktur

Berapa biaya cost down yang harus Anda hemat setiap hari untuk menjadikan production cost seminim mungkin? Apakah cara tersebut sekarang ini cukup efektif?

Berbicara cost down / efisiensi adalah berbicara bisnis jangka panjang. Mengapa demikian? perusahaan yang akan eksis di masa mendatang adalah perusahaan yang produknya kompetitif. Artinya tidak hanya menawarkan kualitas secara lingkup yang kecil (kualitas produk), tetapi juga menawarkan kualitas dalam arti luas (harga bersaing). Harga bersaing dapat kita ciptakan dengan membuat biaya proses serendah mungkin (cost down).

Untuk membuat biaya cost down serendah mungkin, berikut ini adalah model contoh yang sudah terbukti efektif diterapkan:
  1. Benar sejak awal. Awali semua proses dengan cara yang benar, tidak ada toleransi membiarkan kesalahan ditemukan diproses akhir. Hal ini akan membuat biaya proses semakin besar, apalagi produk yang tidak benar ditemukan di tangan pelanggan.
  2. Perketat di kontrol proses bukan di kontrol inspeksi. Proses yang baik akan menghasilkan produk yang baik, sedangkan proses yang tidak baik (tidak sesuai control plan) akan memunculkan variasi yang tidak terkontrol. Variasi yang tidak terkontrol akan berpotensi menjadi lolos pengecekan yang beresiko terkirim ke pelanggan.
  3. Bekerja sesuai panduan kerja / SOP / instruksi kerja. Proses yang benar adalah sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan. Pengalaman bukan berarti mengabaikan SOP yang sudah ada, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com