Rabu, 04 Agustus 2010

Semua Yang Besar Bermula dari Yang Kecil

Grow Up!: How Taking Responsibility Can Make You a Happy AdultLihatlah tubuh anda sekarang! perhatikan lima atau sepuluh tahun lalu, bukankah semuanya dahulu lebih kecil? Lihatlah pohon di samping atau depan rumah Anda! ingatkah Anda kapan tumbuhan tersebut masih tunas?

Bisnis yang besar juga tumbuh dari yang kecil. Saat perkembangan inilah phase yang sangat menentukan apakah nantinya akan tetap tumbuh atau mengecil lagi bahkan bangkrut. Untuk membuat bisnis tumbuh besar maka diperlukan pemicu. Apa pemicunya? yang paling utama tentunya people atau Sumber daya manusianya. Selanjutnya bisa dari aspek keuntungan, iklim investasi, kebijakan perusahaan, kebijakan pemerintah, dan lain-lain.

Seperti kita mengharapkan buah yang manis dari pohon, maka kita perlu memberinya pupuk dan mencabut rumput dan membasmi serangganya. Diharapkan saat panen nanti kita akan menikmati buah yang manis dan segar. Demikian pula saat bisnis kita ingin tumbuh, maka diperlukan investasi (SDM, dll) serta mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu (cost down). Sehingga tahun depan, lima tahun lagi dan sepuluh tahun lagi bisnis kita akan menjadi besar dan bernilai tambah. Seberapa besar perusahaan Anda sekarang tumbuh?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com