Rabu, 04 Agustus 2010

Training Material For Effective Training

Effective Training (4th Edition)Dalam pemberian training terdapat target yang harus dicapai yaitu masuknya materi training ke peserta dan motivasi untuk menjalankan materi yang masuk tersebut. Jadi jangan harap ada perubahan dalam diri peserta training jika materi saja tidak masuk ke dalam pikiran peserta. Jadi tahap awal sebuah target training adalah masuknya materi terlebih dahulu.

Salah satu cara untuk mempermudah materi training masuk adalah dengan mendesain material training sesimple mungkin namun tidak melenceng dari content atau isi. Berikut ini tips bagaimana memberikan materi agar mudah diterima peserta;


  • gunakanlah bahasa yang paling mudah dimengerti oleh peserta, untuk itu kenali dulu para pesertanya (jabatan, usia, level pendidikan, dan latar belakang training diadakan)
  • gunakanlah ilustrasi dalam setiap slide, bisa dengan gambar, tabel, grafik ataupun video (pada dasarnya orang lebih suka dengan bahasa gambar daripada bahasa narasi).
  • kontrol saat training, bagaimana membuat interaksi dengan peserta, pahami karakteristik peserta (apakah jenuh, tegang atau mengantuk).
  • gunakan evaluasi training untuk peserta dan trainer untuk mengukur sejauh mana keberhasilan training.
Selamat mencoba training gaya baru!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com