Jumat, 13 Agustus 2010

Meningkatkan Profit Perusahaan dengan ISO 9001, mungkinkah?

Manage for Profit, Not for Market Share: A Guide to Greater Profits in Highly Contested Markets
Dalam kompetisi harga yang semakin ketat, banyak perusahaan yang membanting harga serendah-rendahnya dengan harapan akan lebih banyak pembeli yang tertarik. Dalam pola masyarakat yang semakin cerdas, penurunan harga secara sporadis justru akan menjadi pertanyaan yang kritis:
  • mengapa diturunkan harganya
  • jangan-jangan ada yang ngga beres nih
  • kok kesannya murahan ya
Coba perhatikan produk kartu seluler yang ditawarkan produsen, semuanya menjual semurah-murahnya. Tapi apakah langsung seseorang akan berpindah kartu hanya karena murah? tidak bukan? Hal yang paling rasional untuk mendapatkan profit lebih dari produk yang dijual adalah dengan menekan biaya proses serendah mungkin dan mempertahankan pelanggan yang ada dengan service yang lebih baik lagi.

Bagaimana menekan biaya proses? dalam proses kita mengenal proses transformasi input menjadi output. nah dari input sampai dengan output inilah parameternya yang kita kendalikan agar lebih efisien. Apa parameternya?
  • pastikan manusia yang mengerjakan produktivitasnya tinggi, loyal, kompetensinya sesuai dan menempatkan the right man in the right place.
  • pastikan semua material yang akan digunakan terbebas dari cacat dan kesalahan-kesalahan yang tidak diperlukan (salah barang, salah label, salah jumlah, dll).
  • patikan mesin dan peralatan kerja cukup dan layak digunakan, menggunakan alat dan mesin yang tidak cukup akan mengurangi produktivititas dan alat atau mesin yang tidak layak digunakan hanya akan menghasilkan produk cacat.
  • pastikan metode kerja atau prosedur tersedia di tempat kerja dan dapat diimplementasikan dengan efektif oleh semua pekerja.
  • yang terakhir adalah pastikan ada penilaian atau evaluasi terhadap proses yang dijalankan, jika terdapat kesalahan segera lakukan tindakan perbaikan dan jika sudah baik lakukan continual imrpovement.
Penerapan ISO 9001 adalah salah satu cara bagaimana kita membuat aturan kerja agar parameter proses efektif dn efisien. Bagaimana syarat agar profit didapatkan? kuncinya cuma 2 yaitu adanya komitmen dan konsistensi dalam penerapan semua aturan proses yang tertuang dalam manual mutu, prosedur, instruksi kerja dan peraturan perusahaan lainnya.

Semoga berhasil dalam bisnis Anda!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com