Dalam praktek seringkali kita terbentur pada pertanyaan di atas. Sering kita melihat di satu sisi teman kita bekerja sangat sibuk sedangkan kita kok kayanya santai-santai saja. Siapa yang salah jika ada kejadian seperti ini?
Efektifitas kerja terukur pada hasil kinerja kita. ukuran efektifitas sangat beragam tergantung setingan dari si pemberi kerja itu sendiri. namun menurut pengalaman saya, efektifitas dapat terlihat dari :
- waktu penyelesaian, seberapa cepat pekerjaan tersebut diselesaikan. jika dalam waktu yang ditentukan anda dapat memenuhi semua persyaratan kerja maka anda sudah efektif, namun jika molor artinya anda menambah waktu kerja sehingga sangat tidak efisien.
- kualitas pekerjaan, apakah memenuhi persyaratan kualitas dari pekerjaan. contoh kualitas adalah saat kita buat produk, apakah memenuhi spesifikasi produk yang dihasilkan?
- produktivitas, dalam waktu sekian lama, berapa output yang anda hasilkan dibandingkan dengan input.
- minimal problem, seberapa besar masalah yang ditimbulkan saat pekerjaan anda selesai. contoh kasus saat anda selesai bekerja, ternyata lingkungan menjadi sangat kotor, sehingga memerlukan energi lagi untuk membersihkannya.
- memaksimalkan sumber daya yang ada, artinya dengan material dan manpower yang ada anda sanggup bekerja dengan tepat dan cepat. jika ternyata anda menambah resources yang ada, usahakan masih dalam batas yang wajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar