Kamis, 11 Februari 2010

Pentingnya Pengesahan Proses Awal Produksi

Production and Operations Analysis (McGraw-Hill/Irwin Series Operations and Decision Sciences)Saat prototype produk awal dibuat oleh New Project Team, terasa bahwa semua parameter proses dan produk sudah memenuhi semua persyaratan. Namun mengapa saat mass production banyak ditemukan kendala seperti reject sering muncul, kemampuan mesin tidak stabil, sulit diassembling dan lain sebagainya. Intinya bahwa saat mass production tidak sesuai dengan target design baik prosess maupun product karakteristik.

Mengapa hal tersebut terjadi?
Kembali ke konsep variasi bahwa semua object (benda, proses, manusia, material, mesin dll) pasti mempunyai variasi baik dalam bentuk variabel ataupun atribut. Saat variasi tersebut tidak bisa dikendalikan maka yang terjadi adalah berbagai masalah proses (produksi), yang mungkin sifatnya bisa berulang. Itulah mengapa saat awal proses produksi penting sekali memastikan semua variasi parameter proses dalam kondisi terkendali. Teknik pengesahan ini bisa berbeda di setiap perusahaan, dan yang pasti sama adalah adanya pemikiran bahwa "apakah semua parameter proses sebelum mass production ini sudah memenuhi semua kriteria?". Jika jawabannya "yes" maka silahkan teruskan untuk mass production. Jika "no" investigasi lebih lanjut apa masalahnya. Jika 'no" tetap kita lanjutkan maka yang terjadi adalah seperti yang diuraikan di awal paragraf.

Memang tidak bisa menjamin 100% semua variasi akan terkontrol dengan pengesahan proses awal, namun setidaknya jika terdeteksi lebih dini "cost" yang dikeluarkan akan semakin kecil, berbeda jika saat ditemukan setelah produksi selesai. Untuk kontrol variasi di tengah dan di akhir proses semua bergantung kepada tingkat kestabilan proses di perusahaan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com