Rabu, 10 Februari 2010

Visual Kontrol di Proses Manufaktur

Seberapa pentingkah visual kontrol di proses manufaktur?
Sangat sangat penting. Logika dasar visual kontrol dapat kita analogikan saat kita berpenampilan diri di cermin. Saat rambut acak-acakan kita akan sisir, badan kurang harum kita spray pakai cologne, baju kurang rapi kita seterika dan lain sebagainya. Visual kontrol adalah cara termudah untuk bisa kita membaca adanya variasi dari proses.

Telinga untuk mendengar hal-hal yang tidak lazim seperti terlalu berisik, bunyi tidak wajar, ada benda asing di dalam. Tangan untuk meraba kekasaran, temperature dan bentuk object. Mata untuk melihat aktual dan yang disyaratkan. Dan masih banyak lagi komponen di tubuh kita yang bisa kita jadikan alat bantu untuk melakukan visual kontrol.

Kenapa visual kontrol????
Yang paling akurat adalah betul dengan menggunakan alat kerja seperti sensor, alat ukur dan alat uji. Namun sebelum menggunakan peralatan tersebut pun kita sebenarnya sudah bisa mendeteksi adanya potensi out of variation. Jadi pastikan tanggap jika melihat, mendengar dan merasa ada sesuatu yang tidak wajar pada proses. Selanjutnya pastikan dengan alat bantu kerja yang kita gunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com