Senin, 21 Juni 2010

Manfaat Data Analysis

Head First Data Analysis: A Learner's Guide to Big Numbers, Statistics, and Good DecisionsSeberapa sering Anda melakukan data analysis dari aktivitas harian Anda?
Pengalaman menunjukan bahwa diantara kita masih kurang memanfaatkan data yang sudah kita kumpulkan menjadi sebuah kesimpulan penting. Salah satu contoh adalah seperti dibawah ini:

Di suatu perpustakaan SMA disediakan daftar tamu berkunjung yang memuat nama, kelas, jam berkunjung, tujuan kunjungan dan buku yang akan dipinjam. Setelah satu tahun terakhir daftar kunjungan tersebut dimpan saja dan diganti dengan yang baru mengikuti tahun ajaran baru. Alangkah sayangnya data terkumpul tersebut hanya menjadi file arsip tanpa kita tahu apa yang bisa diambil dari daftar kunjungan tersebut. 

Dengan data tersebut, kita dapat buatkan analisa yang kesimpulan akhirnya seperti hal-hal berikut ini:
  • Siapa saja yang paling sering berkunjung ke perpustakaan
  • Kelas mana yang paling rajin ke perpustakaan
  • Buku apa yang paling sering dipinjam
  • Jam berapa biasanya sangat ramai kunjungan
  • Buku apa yang paling banyak dicari
Data tersebut jika dianalisa lebih lanjut maka kita juga akan dapat informasi:
  • Kebutuhan perpustakaan yang perlu disediakan
  • Penambahan jumlah staff perpustakaan
Nah, dari contoh di atas sedikitnya kita ada bayangan akan melakukan apa dengan data yang ada seperti absensi karyawan, data jumlah kecelakaan kerja, data kerusakan mesin, data perbaikan komputer, data distribusi dokumen, data claim, data komplain, data pengiriman, dan data-data lain yang mungkin sampai saat anda baca tulisan ini masih teronggok di gudang arsip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com