Selasa, 09 Maret 2010

Mampu dan Mau

Pilih mana antara mau duulu atau mampu dulu?

Ada kondisi dimana orang merasa mampu tapi tidak mau atau sebaliknya mau tetapi tidak mampu. Jika ada pilihan mana yang akan kita pilih??? Yang ideal memang mau dan mampu. Namun tidak selamanya pilihan ideal itu kita bisa capai.

Dengan kemauan yang keras dan pantang menyerah sebesar apaun ujian akan bisa kita lewati, meskipun jalannya akan lebih panjang karena kita sedikit kemampuan. Dengan kemampuannya yang tinggi tetapi tidak mau untuk mentransformasikan kemampuannya, maka yang akan kita lihat adalah makin pintar orang makin banyak menipu, makin kaya akan makin pelit, dan makin mampu akan makin sombong.

Namun demikian, kebanyakan mau tanpa mampu bisa dikatakan kita malas berusaha. kemauan yang tinggipun belum cukup tanpa action untuk mewujudkan kemauan tersebut. Jadi, mau atau mampu duluan?

Banyak bukti menunjukan bahwa modal awal untuk kemajuan adalah kemauan. Fakta menunjukan bahwa negara modern maju karena ada modal kemauan untuk maju. Tapi negara besar bisa hancur saat para pimpinannya tidak ada kemauan untuk mempertahankan diri menjadi bangsa yang besar. Silahkan cek di lingkungan kita, Apakah pilihan mau dulu lebih baik daripada mampu dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com