Senin, 08 Maret 2010

Mengapa Menerapkan ISO 9001 Seolah-olah Sulit???

Apakah Anda pernah merasa bahwa menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 malah mempersulit pekerjaan? jika jawaban Anda iya, jangan kuatir, karena memang bagi beberap orang faktanya seperti itu.

Mengapa menjadi sulit? Seperti halnya kita belajar dan mempraktekan matematika. Ada teman  yang dengan mudahnya paham sementara kita agak kesusahan untuk memahaminya. Diluar faktor daya tangkap yang berbeda-beda dalam memahami matematika, ada satu hal yang memiliki kesamaan agar kita paham matematika. Ya, suka dulu dengan matematika. Pikirkan betapa hebatnya ilmu ini, disetiap sudut kehidupan banyak sekali penetrapan matematika. Alangkah ruginya jika ilmu ini kita tidak kuasai. Teruslah kembangkan rasa suka ini dengan cara berpikir "Apa untungnya buat saya jika saya paham ilmu ini".

Kembali ke masalah ISO 9001 yang kata orang "membebani kerja". ISO 9001 tidak pernah berbicara masalah teknis implementasi. ISO 9001 bersifat generik dan isinya sangat sesuai dengan kaidah manajemen secara umum  artinya persyaratan-persyaratan di ISO 9001 merupakan bagian aktivitas pekerjaan yang mungkin tanpa kita sadari kita sudah melakukannya.
Contoh : Setiap ketidaksesuaian bukankah memang harus diperbaiki, bukankah sudah selayaknya kita paham apa yang pembeli inginkan, bukankah wajar karyawan baru perlu diarahkan atau ditraining. ISO 9001 betul mengatur mengenai tindakan perbaikan, memahami persyaratan pelanggan dan meminta ada program training. Namun, bagaimana cara kita memperbaiki ketidaksesuaian, bagaimana cara kita memahami pelanggan, dan bagaimana cara kita mentraining orang, tidak pernah disyaratkan secara tertulis di klausulnya.

Jadi, hal yang mungkin membuat kita sulit menerapkan ISO 9001 bisa disebabkan kita salah mendesain "bagaimana cara menerapkannya". Jika ada cara yang mudah mengapa bagi beberapa perusahaan menerapkannya dengan cara yang susah?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com