Senin, 17 Mei 2010

Bisakah tanpa ISO 9001 perusahaan bisa memuaskan pelanggan?


Sangat Bisa!!!
Seperti halnya kita menjawab pertanyaan, bisakah tanpa SIM seseoang bisa mengendarai kendaraan dengan baik? Bisa bukan?

Jika persepsi ISO 9001 hanya untuk meneria selembar sertifikat maka perusahaan tidak akan bisa memuaskan pelanggannya dengan maksimal. Namun jika kasusnya ISO 9001 memang menjadi niatan baik untuk memuaskan pelanggan agar bisnis terus bergulir maka sertifikat akan menjadi semacam pengingat, bahwa pelanggan menaruh harapan besar untuk selalu ingin dipuaskan.

Perusahaan tanpa ISO pun bisa menerapkan prinsip ISO. Faktanya klausul-klausul dalam ISO 9001 adalah sudah ada dan sifatnya natural jika seseorang ingn menjalankan bisnisnya dengan baik. Contoh nilai-nilai natural dalam berbisnis adalah :
Bukankah setiap pelanggan memang ingin selalu dipuaskan?
Bukankah merencanakan kegiatan memang diperlukan dalam setiap aktivitas?
Bukankah pekerja yang belum bisa memang harus di training?
Bukankah sebuah ketidaksesuaian harus dicegah dan diperbaiki?
dan masih banyak lagi...

Kuncinya adalah semakin kita menerapkan nilai-nilai untuk kepuasan pelanggan semakin ketat (bahkan mungkin diatas persyaratan ISO 9001) maka tanpa sertifikat ISO 9001 pun kita akan tetap eksis.

Rabu, 12 Mei 2010

ISO 9001 Bukan Manajemen Arsip

Quality Management for Organizational Excellence: Introduction to Total Quality (6th Edition)Pengalaman kami menunjukan bahwa penerapan ISO 9001 memang membawa manfaat pada perbaikan sistem dokumentasi dan pengarsipan. Namun, jika penerapan tersebut hanya mendapatkan improvement dari sisi dokumen, maka peusahaan Anda termasuk yang merugi.

Kenapa merugi???? karena sebenarnya target yang dicapai adalah adanya kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan memberi kesempatan untuk perusahaan Anda berkembang lebih baik. Dengan perkembangan bisnis yang signifikan, maka apapun yang akan dilakukan perusahaan menjadi serba "mungkin". Menaikan kesejahteraan sangat mungkin, menambah mesin sangat mungkin, meluaskan usaha sangatlah mungkin, dan mungkin-mungkin lainnya yang sangat dekat dengan kepastian.

Indikator tercapainya manfaat penerapan ISO 9001 dapat terlihat dari :
  • order yang semakin meningkat
  • meningkatnya loyalitas pelanggan
Jika dua hal tersebut dapat dicapai maka secara bisnis perusahaan anda memenuhi syarat minimum untuk menjadi besar. Sudahkah 2 hal tersebut tercapai? atau perusahaan Anda hanya cukup dengan manajemen arsip yang baik saja? pilihan ada di Anda semua.

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com