Sabtu, 23 Oktober 2010

Masalah Umum Penerapan ISO 9001:2008

The Art and Craft of Problem Solving 
Masalah umum seperti apa yang biasa muncul dalam penerapan ISO 9001:2008 di perusahaan Anda? Apakah masalah tersebut berdampak pada proses dan performa perusahaan? Apakah top management mengambil bagian dari masalah-masalah tersebut? Atau anda sendirikah yang sering menjadi bagian dari masalah-masalah tersebut?

Dalam praktek ISO 9001:2008 secara garis besar terdapat masalah-masalah yang sangat umum terjadi. Masalah-masalah umum tersebut mencakup :
  1. Kurangnya komitmen manajemen puncak atau top management. Perlu diketahui bahwa top management adalah nahkoda kapal yang menentukan berhasil-tidaknya sebuah perjalanan. Sedangkan ISO 9001:2008 adalah peta yang dipegang sang nahkoda. Jika top management tidak komitmen, maka akan terjadi "penurunan motivasi" dalam menerapkan ISO 9001:2008. Berikut ini adalah bukti kurangnya komitmen dari top management: tidak melakukan review atau tinjauan terhadap agenda management review, tidak memberi keteladanan dalam penerapan ISO 9001:2008 yang tertuang dalam manual dan prosedur mutu. Komitmen yang kurang dari top management akan mempengaruhi performa perusahaan secara luas, baik menyangkut ke efek internal ataupun ke eksternal perusahaan.
  2. Tidak konsisten dalam menjalankan prosedur ISO 9001:2008. Konsisten adalah masalah disiplin dan moral. Konsisten membutuhkan kemauan yang kuat untuk terus menerus taat terhadap semua aturan yang tertuang dalam manual dan prosedur mutu (disiplin). Konsisten juga membutuhkan sikap mental bahwa menjalankan persyaratan ISO 9001:2008 pada prinsipnya adalah menjalankan nilai-nilai baik dalam bekerja atau dalam bisnis (moral). Ketidakkonsistenan akan mempengaruhi variasi proses menjadi tidak terkendali, yang berakibat pada munculnya produk dan proses yang tidak sesuai.
Dari uraian di atas jelas bahwa masalah umum dalam penerapan ISO 9001:2008 adalah konsistensi dan komitmen. Sudahkah Anda memiliki komitmen dan konsisten untuk menerapkan semua persyaratan ISO 9001:2008?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com