Selasa, 05 Oktober 2010

Bahasa Laporan Ke Top Management

Principles of Quality Costs: Principles, Implementation, and UsePernahkah Anda melaporkan hasil pencapaian sasaran mutu ke top management? Apa tanggapan beliau? Jika tanggapannya biasa-biasa saja maka ada kemungkinan laporan sasaran mutu yang Anda buat tidak mengena di Top Management.

Bagaimana caranya agar semua hasil sasaran mutu disikapi oleh Top Management dengan serius dan mengena? Seperti Anda ketahui, top management tidak akan terlalu campur ukuran teknis operasional bisnis perusahaan. Beliau hanya kenal bahasa kebijakan, investasi, modal, growth, keuntungan, kerugian, dll. Intinya adalah Management hanya perlu tahu terhadap semua laporan dalam bahasa "uang".

Bandingkan laporan ini : 
Pada bulan ini total reject adalah 10% dari total produksi.
Dengan pembelian alat baru ini, dijamin kualitas produk kita akan terjamin.
Angka klaim pelanggan naik 3x lipat dari tahun sebelumnya.
Down time mesin turun 10 jam dari bulan lalu.

dengan laporan dalam bahasa "uang"
Pada bulan ini total reject adalah Rp.80 juta dari total produksi.
Dengan pembelian alat baru ini, dijamin sales penjualan kita akan terjamin. 
Angka klaim pelanggan naik Rp.30 Juta dari tahun sebelumnya.
Down time mesin turun Rp.5 Juta dari bulan lalu.

Jika Anda seorang Top Management, mana laporan yang menarik dan mengena di hati Anda? Silahkan mencoba laporan Anda dengan bahasa "uang".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com