Senin, 11 Oktober 2010

Revolusi Mutu

The Quality Revolution: A History of the Quality MovementTahukah Anda bahwa mutu sekarang ini mengalami perubahan yang sangat cepat (revolusi mutu). Mengapa demikian? Apa yang harus disiapkan untuk dapat menjadi perusahaan bermutu?

Perubahan perilaku konsumen / pembeli terhadap produk dan jasa yang ingin dikonsumsi mengalami perubahan yang sangat drastis dalam dekade terakhir ini. Sebagai contoh perkembangan teknologi telepon genggam. 10 tahun lalu jika telepon genggam sudah dapat sms dan telepon maka sudah cukup dikatakan bermutu (memenuhi harapan pembeli). namun sekarang permintaan konsumen untuk menuntut telepon genggam yang bisa segala hal menjadi kebutuhan wajib produsen untuk memenuhinya. Sebab jika tidak maka pembeli akan meninggalkannya. Sehingga dengan demikian dapat dikatakan bahwa telepon genggam mengalami revolusi mutu. Bagaiman dengan produk lain? silahkan cermati dan simpulkan!

Untuk mengantisipasi adanya revolusi mutu maka perusahaan harus punya business plan dalam jangka pendek, menengah dan panjang untuk memastikan perusahaan mampu menangkap dan beradaptasi dengan perilaku konsumen dan perkembangan ilmu dan teknologi. Berikut ini contoh perusahaan yang mengalami perubahan produk akibat revolusi mutu dan perkembangan ilmu dan teknologi.
  • Perusahaan disket  mengganti produknya dengan flash disc
  • Perusahaan kaset mengganti produknya dengan compact disc
  • Perusahaan TV tabung menggantinya dengan TV plasma
  • Kantor pos memperluas usahanya tidak hanya dengan jasa surat dan wesel.
  • Telkom menjual speedy akibat peminat telepon rumah berkurang drastis. 
Dan masih banyak contoh adaptasi perusahaan terhadap perilaku konsumen dan perkembangan iptek (revolusi mutu). Bagaimana dengan perusahaan Anda????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com