Kamis, 21 Oktober 2010

Kekuatan Operator dan Leader Operator di Proses Produksi

Production and Operations Analysis (McGraw-Hill/Irwin Series Operations and Decision Sciences)Tahukah Anda bahwa Operator dan Leader Produksi merupakan kunci untuk menciptakan kualitas yang prima dalam jangka panjang? Mengapa demikian?

Seringkali perusahaan melakukan kebijakan yang kurang tepat dengan memberikan segala jenis pelatihan dan fasilitas untuk level supervisor hingga manager (mid to up) hingga melupakan operator. Betul memang kalau supervisor dan manager adalah yang mengatur strategi dan kebijakan untuk jalannya produksi. namun, kita mesti ingat bahwa mereka tidak setiap saat ada di line produksi., sehingga sepintar apapun mereka tidak akan pernah bisa tahu detail dari setiap masalah yang ada di produksi. 

Tahukah Anda siapa yang menjalankan mesin? Tahukah Anda siapa yang membuat produk? Tahukah Anda siapa yang setiap detik ada di lapangan? Tahukah Anda siapa yang keringatnya setiap saat selalu menetes di lapangan? Tahukah anda siapa yang melihat, mendengar, meraba dan merasakan semua variasi proses, material dan orang setiap saat di lapangan? Jawabnnya adalah operator dan leader operator.

Jika supervisor dan manager Anda semakin pintar karena ditraining, maka tidak ada jaminan mereka akan semakin loyal. mengapa? karena mereka merasa punya nilai tawar untuk bisa bekerja di tempat lain. Sedangkan jika operator dan leader semakin pintar, maka mereka akan semakin loyal? mengapa? karena mereka masih punya harapan untuk naik jabatan sepeerti menjadi leader, supervisor atau manager.

Jadi dengan memberdayakan operator dan leader operator sebagai ujung tombak proses produksi, maka diharapkan semua variasi sekecil apapun penyebab ketidaksesuaian produk dan proses dapat mereka tangkap dan diselesaikan tanpa perlu melibatkan supervisor atau managernya.

Seberapa hebat operator produksi di tempat Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com