Jumat, 01 Oktober 2010

ISO 9001 Hanyalah Sebuah Alat Bantu Manajemen

The Lean Six Sigma Pocket Toolbook: A Quick Reference Guide to 100 Tools for Improving Quality and SpeedPembaca yang budiman, tahukah Anda bahwa sebuah pisau hanyalah sebuah alat bantu saja untuk memotong, mengiris ataupun mencincang. Artinya pisau hanya dapat digunakan untuk memotong, mengiris ataupun mencincang jika digunakan, bukan? kalau tidak digunakan maka pisau hanyalah sebuah benda tajam dari besi, titik. Dan potongan, irisan dan cincangan akan semakin sempurna jika yang menggunakan pisaunya adalah orang yang memang pengalaman menggunakan pisau.
 
Tahukah Anda bahwa ISO 9001 juga hanya sebuah Alat bantu manajemen mutu saja? Artinya jika ISO 9001 hanya sebuah alat berarti hanya akan berfungsi jika digunakan, bukan? Dan tentunya tergantung siapa juga kan yang menggunakannya. Jadi, jika perusahaan yang sudah bersertifikasi ISO 9001, namun tidak menggunakan atau menerapkan persyaratan mutunya secara konsisten dan komitmen, maka ISO 9001 hanyalah selembar kertas sertifikat yang dibingkai dengan pigura bagus, dan ditempatkan di lobi perusahaan.

Silahkan pilih, apakah anda cukup puas dengan sertifikatnya saja ataukah ada hal lain yang dapat diambil dari nilai-nilai penerapan ISO 9001.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com