Kamis, 07 Oktober 2010

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 untuk Bisnis Sederhana

Software Process Improvement for Small and Medium Enterprises: Techniques and Case Studies (Premier Reference Source)Mungkinkah perusahaan dengan lingkup bisnis yang lebih sederhana (UKM - Usaha Kecil dan Menengah) bisa menerapkan ISO 9001:2008?

Jika kita akan menjalankan usaha kita yang masih sangat sederhana, misalnya CV, home industry dan usaha dengan modal terbatas, menerapkan mutu  produk adalah mutlak diterapkan. Sebab mutu tersebut yang akan membuat pelanggan terus membeli dan menggunakan jasa produk perusahaan kita. Jadi, jika untuk manajemen mutu kita belum bisa, maka mutu produk harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001.

Mutu produk terkait dengan pemenuhan persyaratan produk seperti apa yang diminta pelanggan. Mutu produk misalnya kesesuaian kemasan, bentuk, warna, fungsi, dan performance. Sistem manajemen mutu mengatur bagaimana kita membuat aturan untuk menghasilkan produk bermutu. Karena ISO 9001 hanyalah sebuah persyaratan, maka semua jenis usaha baik kecil, menengah atau besar dapat menerapkan persyaratan ISO 9001, tanpa terkecuali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com