Kamis, 14 Oktober 2010

Mengapa Sasaran Mutu Harus Terukur?

Introduction to Measurement TheoryJika perusahaan Anda sudah menerapkan ISO 9001:2008, tentunya Anda juga tidak asing dengan sasaran mutu bukan? Apa sasaran mutu di proses Anda? Mengapa sasaran mutu harus terukur?

Sasaran mutu disyaratkan dalam klausul persyaratan ISO 9001:2008 yaitu klausul 5.4.1 dimana "Top management perusahaan harus memastikan bahwa sasaran mutu (termasuk sasaran yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan produk), ditetapkan pada setiap tingkat dan fungsi yang relevan dalam perusahaan. Sasaran Mutu dapat diukur dan konsisten dengan kebijakan mutu".

Sasaran mutu haruslah terukur, mengapa? karena sasaran mutu merupakan target yang harus dipenuhi oleh setiap proses. Kriteria ketercapaian haruslah dapat dibandingkan agar dapat diketahui seberapa tingkat pencapaian pemenuhannya. Untuk itu keterukuran haruslah ada untuk setiap sasaran mutu. Selain itu, sasaran mutu merupakan masukan untuk melakukan continual improvement, sehingga sasaran mutu harus dapat diukur agar perbaikan berkelanjutan tersebut "reasonable" atau dapat dilakukan.

Sudahkah sasaran mutu Anda terukur?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com