Kamis, 21 Oktober 2010

MemberdayakanTraining adalah Memberdayakan Trainer

Active Training: A Handbook of Techniques, Designs, Case Examples, and Tips (Active Training Series)Sudah berapa kali Anda ikut training? Apakah ada hal yang masih Anda ingat dari training tersebut? Apakah Anda menjalankan isi training tersebut?

Tiga pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang perlu kita jawab sendiri sehubungan dengan training yang pernah kita ikuti. Jika Anda menjawab sempurna untuk ketiga pertanyaan di atas maka "si trainer" boleh dikatakan sangat hebat. mengapa demikian? yang pertama Anda masih mengingat materi apa yang disampaikan. yang kedua anda menjalankan isi materi tersebut dalam praktek. dan yang paling hebat adalah "si trainer" mampu membuat peserta training mengikuti apa yang diajarkan.

Memberdayakan training adalah memberdayakan trainer. Banyak hal yang membuat training menjadi tidak berdaya yang dapat dikarenakan faktor teknis, namun jika trainernya hebat, maka kendala teknis tersebut adalah bukan masalah. Sebagai contoh saat perangkat audio visual yang digunakan tidak bekerja, maka trainer yang hebat akan berusaha menanggulanginya dengan cara yang efektif. Contohnya: dengan mengubah tempat duduk menjadi melingkar dan saling mendekat. Dengan cara ini maka suara trainer masih bisa didengar dan peserta tetap fokus.

Jika anda seorang trainer, seberapa besar daya Anda dalam mempengaruhi peserta training?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com