Senin, 05 Juli 2010

Menjadi bawahan yang baik

What Keeps Good Employees From LeavingKita sering menuntut pimpinan kita dengan sindiran "jadilah pemimpin yang baik". Jika sekarang kita berperan sebagai pimpinan, maka kita pun bisa melakukan sindiran yang sama "sudahkah Anda menjadi bawahan yang baik?".

Menjadi bawahan yang baik tidaklah susah, karena pada prinsipnya bawahan adalah perpanjangan fungsi tertentu saja dari seorang fungsi pimpinan. Ibarat sebuah mobil, pimpinan adalah si pengemudi dan setiap komponen dari mobil (ban, rem, kaca, busi, bahan bakar, dll) adalah bawahannya. Jika Anda sebagai ban, maka menggelindinglah sesuai gas yang diinjak si pengemudi. Jika Anda sebuah rem, maka tahanlah laju mobil ini sesuai keinginan pengemudi. Jadi, anda dapat bayangkan jika keinginan pengemudi tidak bisa dipenuhi oleh masing-masing komponen maka laju mobilpun tidak akan sempurna.

2 komentar:

  1. salam kenaL
    saya selalu mempelajari cara menjadi bawahan yang baik , karena pada dasarnya sesuatu pohon yang kokoh itu harus mempunyai kaki atau bawahan yang kokoh dan baik agar pohon itu tetap kuat saat ganguan datang ,
    terimakasih

    BalasHapus
  2. betul sekali bung gonjrenk, saya sependapat.

    BalasHapus

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com