Rabu, 29 Juni 2011

Jika Top Management Berkomitmen, Maka Semua Akan Berjalan

Kebijakan apa dan proyek apa yang sekarang sedang perusahaan Anda jalankan? Apakah semua berjalan lancar? Jika top management "commit" dan "support" apa yang akan terjadi dengan kebijakan dan proyek tersebut?

Tidak sedikit kebijakan perusahaan berhenti ditengah jalan hanya dikarenakan oleh kurangnya komitmen oleh top management. Kurang komitmen akan membawa para manager merasa bahwa kebijakan ini tidak disupport dan kendala yang dihadapi tidak ada penyelesaian. Dalam jangka panjang maka akan menciptakan budaya perusahaan yang kurang baik.

Contoh sederhana adalah ketika perusahaan membuat kebijakan penghematan disemua lini organisasi perusahaan, maka tanpa terkecuali top management pun harus melakukannya. Artinya jika top management memberi contoh, memberi bimbingan, memberi solusi, memberi reward, dan memberi hukuman, maka yang dibawah akan mencontoh.

Jika top management sudah berkomitmen penuh, maka semua akan berjalan lancar sesuai yang ditargetkan. Sudahkah top management di perusahaan Anda mempunyai komitmen total bersama karyawan membangun organisasi perusahaan? ataukah hanya menyuruh dan menyuruh tanpa memberi keteladanan bagi para pekerja? Silahkan nilai sendiri...

Minggu, 19 Juni 2011

Manual Mutu Yang Cocok Untuk Organisasi Kita

Apakah Manual Mutu yang Anda buat sudah cocok dengan organisasi Anda? Lalu, apakah manual mutu tersebut sudah sesuai dengan persyaratan ISO 9001:2008? 

Bagi Anda yang akan menyusun manual mutu ISO 9001:2008 selalu berpikir apakah manual mutu tersebut akan cocok dengan lingkup proses di tempat Anda? Yang tahu jawabannya adalah Anda sendiri, mengapa? Perlu diketahui bahwa persyaratan dalam ISO 9001:2008 adalah sifatnya general, artinya semua persyaratan tersebut dibuat untuk semua model organisasi baik jasa ataupun manufaktur. 

Untuk Anda yang bergerak di bidang Jasa seperti : pendidikan, perbankan, shipping, rumah sakit, pembiayaan dan lain-lain tentunya akan berbeda di manual mutunya, namun demikian pada prinsipnya adalah sama. Yang berbeda adalah pada faktor siapa yang melakukan dengan dengan cara apa dilakukan. Contoh : persyaratan ISO 9001:2008 mensyaratkan top management menetapkan management representative. Artinya semua organisasi manapun pasti akan menetapkan seorang management representative. Yang membedakan adalah siapa orangnya dan dengan apa ditetapkan. Dalam dunia pendidikan mungkin seorang management representative adalah seorang guru yang ditunjuk oleh kepala sekolah sebagai top management. Dalam dunia manufaktur seorang management representative bisa jadi adalah dari seorang manager quality assurance yang ditunjuk dan ditetapkan oleh direktur sebagai top management.

Jadi pada prinsipnya semua manual mutu adalah substansinya sama. yang membedakan adalah hal-hal seperti berikut : business prosesnya, job descriptionnya, struktur organisasinya, dan fungsi jabatan. Jika Anda sudah paham maka menyusun manual mutu ISO 9001:2008 adalah bukan hal yang sulit. Selamat mencoba...

Rabu, 01 Juni 2011

Karyawan Adalah Aset Pengusaha

Berapa banyak pengusaha yang menganggap bahwa upah pekerja adalah pemborosan, kalau bisa ditekan sedemikian rupa sehingga keuntungan perusahaan menjadi besar. Apakah hal ini benar? saya katakan salah besar jika ingin menjadi kompetitif dengan menekan hak karyawan mendapatkan upah yang layak. 

Menjadi kompetitif sangat mudah, asal ada kemauan yang kuat dimulai dari pengusaha itu sendiri. banyak hal yang bisa dipangkas untuk menjadikan perusahaan untung berlimpah. Mau bukti? lihat contoh berikut ini:
  • membuang semua bentuk pemborosan. pemborosan dapat berupa: waktu yang terbuang karena menunggu, kelebihan produksi, kelebihan proses, banyak pergerakan saat proses, dll.
  • menekan scrap, defect, reject sekecil mungkin.
  • kontrol supplier atau subkontrak untuk memberikan barang dan jasa berkualitas sejak awal
  • lakukan predictive, preventive dan maintenance rutin sebelum mesin menjadi bermasalah
  • melakukan efisiensi proses setiap saat
  • melakukan pelatihan dan keterampilan pekerja
  • melakukan promosi kesadaran mutu
  • meminta bantuan customer saat menemui kesulitan pembuatan barang
  • dlll 
Sangat jelas ada banyak cara untuk menjadikan perusahaan lebih untung, tapi kalau tidak ada kemauan pengusaha dan para pembantunya, ya paling  mudah menyunat upah pekerja. Apa  yang terjadi jika sudah demikian? bisa ditebak akan terjadi suatu ledakan yang akan membuat perusahaan jatuh ke titik awal. Ngga percaya? silahkan cari di google berapa banyak perusahaan yang diancam mogok karena masalah pengupahan? jadi, ada baiknya jadikan pekerja sebagai aset yang berharga. Tanpa pekerja maka sehebat apapun perusahaan bukanlah siapa-siapa. Namun sebaliknya jika pekerja memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja, maka kejayaan perusahaan pasti di dapat.

Sabtu, 23 April 2011

Electronic File untuk Dokumentasi ISO 9001:2008

Dengan isu global warming dan menuju perusahaan yang ramah lingkungan, semua perusahaan berlomba untuk mewujudkannya dengan melakukan sekecil apapun usaha yang bercirikan "ramah lingkungan". Salah satu cara adalah dengan melakukan sistem electronic file untuk dokumentasi ISO 9001:2008. Electronic file disini adalah semua dokumen yang diperlukan untuk implementasi ISO 9001:2008 dilakukan dengan software sehingga tidak perlu lagi print out kertas untuk membuat dokumennya.

Selain ramah lingkungan electronic file juga memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:
  1. Mudah dikendalikan dan diakses dari manapun
  2. Cepat didistribusikan dan diakses
  3. Murah, karena tidak perlu cetak ke kertas
  4. Tidak memerlukan tempat penyimpanan dokumen seperti rak dan lemari
Namun untuk menuju ke arah electronic file, perusahaan harus mempunyai dukungan jaringan komputer (intranet atau internet) yang handal sebagai modal dasarnya. Silahkan mencoba....

Kamis, 14 April 2011

Manual Mutu Yang Efektif

Jika perusahaan Anda sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, apakah manual mutunya sudah efektif? apa kriteria manual mutu tersebut efektif?

Manual mutu yang efektif akan mengatur jalannya organisasi lebih terarah dan fleksibel untuk mengikuti dinamika organisasi perusahaan. Apa kriteria efektifitas manual mutu? manual mutu yang efektif pada prinsipnya memenuhi beberapa kriteria berikut ini:

  • Isi atau content, manual mutu dirancang betul-betul sesuai dengan business proses organisasi atau perusahaan. Proses proses yang tidak termasuk dalam lingkup dikeluarkan dari manual mutu, demikian pula sebaliknya, proses yang belum ada dimasukan dalam lingkup manual mutu. 
  • Sistem dokumentasi, dirancang agar setiap revisi dari manual mutu dapat terkendali dan hanya mengubah halaman yang mengalami perubahan (parsial).
  • Bahasa, menggunakan bahasa dan istilah yang paling mudah dimengerti oleh para pelaku di organisasi, termasuk menggunakan istilah asing yang diperlukan untuk membantu pemahaman (continues improvement, 5S, pokayoke, non conformity) dan bahasa lokal yang dianggap cukup familier di lingkungan perusahaan.
  • Hal-hal yang sifatnya mudah berubah diletakkan dalam halaman lampiran (struktur organisasi).
  • Referensi, gunakan link referensi yang diperlukan untuk pemahaman manual mutu, misalnya buku, link website, dll. Hal ini bertujuan agar isi manual mutu tetap ringkas dan mudah dikendalikan.
  • Memenuhi persyaratan minimal dalam ISO 9001:2008.
  • Integrasi, jika menerapkan juga ISO 14001 dan OHSAS 18001, sebaiknya diintegrasikan dengan manual mutu yang ada, sehingga kita hanya mempunyai manual integrasi mutu, lingkungan dan safety.

Senin, 11 April 2011

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Gajah Tunggal Tahun 2011

Politeknik Gajah Tunggal tahun 2011 ini membuka penerimaan calon mahasiswa baru untuk jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Politeknik Gajah Tunggal Perguruan Tinggi yang didirikan pada tahun 1981, bertujuan mencetak tenaga-tenaga Ahli Teknik Madya (Diploma III) yang unggul dan siap kerja, membuka kesempatan kepada lulusan terbaik SMA/SMK di seluruh Indonesia pada tahun akademik 2011/2012 untuk jurusan :

1. Teknik Mesin Kode : (TM)
2. Teknik Elektro Kode : ( TE )

I. FASILITAS SELAMA PENDIDIKAN

1. Dibebaskan : Biaya SPP, Biaya SKS, Biaya Praktikum dan Perpustakaan
2. Diberikan : Uang Saku Bulanan, Kupon Makan Siang, Buku Tulis setiap semester, dan Pakaian
Seragam setiap tahun
3. Disediakan : Asrama untuk mahasiswa dari luar kota Tangerang

II. PERSYARATAN :
A. UMUM
1. Pria, Sehat Jasmani dan Rohani, Tinggi badan minimal 160 cm.
2. Tanggal 1 September 2011, berumur maksimum 21 tahun.
3. Lulus SMA Jurusan IPA atau SMK dengan program studi yang sesuai dengan jurusan di Politeknik Gajah Tunggal.
4. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.
5. Bersedia mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis, kesamaptaan, wawancara, psikotes dan kesehatan.
6. Setelah lulus, dilanjutkan dengan pembelajaran dengan bekerja dalam status Ikatan Dinas di lingkungan Perusahaan Gajah Tunggal Group selama 5 ( lima ) tahun.
B. KHUSUS
1. Surat lamaran dengan alamat yang jelas dan mencantumkan kode jurusan yang diminati pada pojok kiri atas amplop.
2. Foto copy STTB/Ijazah yang telah dilegalisir bagi lulusan tahun 2009, 2010 dan 2011 ( bagi yang belum menerima STTB/Ijazah, dapat disusulkan pada saat mengikuti tes tertulis)
3. a. Lulusan SMA : - Foto copy Raport lengkap (kelas 1, 2 dan 3) yang telah dilegalisir.
- Rekapitulasi nilai mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris rata-rata minimal 6,5.( asli )
b. Lulusan SMK : - Foto copy Transkrip/Raport lengkap (kelas 1, 2 dan 3) yang telah dilegalisir.
- Rekapitulasi nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Uji Kompetensi Produktip rata-rata minimal 6,5.( asli )
4. Foto copy KTP/Kartu Pelajar dan Foto copy Kartu Keluarga ( KK ).
5. Pas Photo terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
6. Daftar Riwayat Hidup.
7. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian, yang telah dilegalisir.
8. Surat Keterangan Penghasilan :
a. Slip Gaji terbaru dari Departemen/Bagian Personalia bagi orang tua/wali yang bekerja.
b. Penghasilan terbaru dari Kelurahan / Kepala Desa bagi orang tua / wali yang berwiraswasta / pensiunan / petani.
9. Surat Keterangan Sehat dari dokter dan tidak buta warna.

III. MATERI UJIAN TULIS

Materi Ujian Tulis : Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris.

IV. LAIN-LAIN
1. Lamaran harus diterima Panitia PMB selambat-lambatnya tanggal 25 April 2011
2. Bagi yang lulus Seleksi Administrasi sesuai dengan kriteria Panitia PMB 2011 Politeknik Gajah
Tunggal akan dipanggil untuk mengikuti tes tertulis melalui surat atau dapat dilihat pada :
a. Internet : Home Page : http//www.poltek-gt.ac.id atau
b. Dapat ditanyakan langsung melalui Telepon Politeknik Gajah Tunggal (021) 5900468 pada hari kerja jam 08.30 ~ 16.00 WIB. (Bpk Amin Kuato, Bpk Karno.)
3. Berkas lamaran dikirim/diantar langsung ke :



PANITIA PMB 2011
POLITEKNIK GAJAH TUNGGAL
KOTAK POS 540
TANGERANG 15001

Selasa, 29 Maret 2011

Supplier Quality Manual

Pernahkah Anda bermasalah dengan para supplier atau vendor terkait dengan quality product dan service yang Anda tetapkan? Berapa sering mereka bermasalah? Seberapa jauh efek terhadap quality product Anda?

Supplier Evaluation & Performance ExcellenceJika product Anda terpengaruh akibat quality material yang kurang baik dari supplier atau vendor, ada baiknya segera lakukan analisis untuk mencari root causenya. Bisa jadi quality yang kurang baik tersebut dikarenakan karena Anda menetapkan persyaratan yang kurang spesifik, multi tafsir, susah dipenuhi dan tidak masuk akal. Untuk mencegah timbulnya hal-hal seperti diatas, maka diperlukan supplier quality manual. Apa itu supplier quality manual? hampir sama dengan quality manual perusahaan Anda, hanya saja diperuntukan khusus untuk supplier atau vendor yang akan mensuplai material atau barang - barang lain yang mendukung product Anda

Lakukan meeting dengan para supplier atau vendor mengenai tingkat kemampuan mereka dalam memenuhi standar yang Anda tetapkan dalam supplier quality manual tersebut. Ajak selalu mereka dalam setiap problem yang Anda hadapi, seperti dalam pengembangan produk baru, penanganan komplain dan klaim pelanggan, serta sosialisasi kebijakan perusahaan Anda.

Rabu, 16 Maret 2011

6 Prosedur Wajib dalam Dokumentasi ISO 9001

Tahukah Anda bahwa dalam dokumentasi ISO 9001:2008 ada berapa prosedur yang minimal ditetapkan oleh manajemen? 

Dalam praktek penerapan ISO 9001 diperlukan adanya prosedur terdokumentasi yang mengatur mengenai hal-hal berikut ini:
  1. Pengendalian dokumen dan data
  2. Pengendalian catatan mutu
  3. Internal audit
  4. Pengendalian Produk tidak sesuai
  5. Tindakan perbaikan
  6. Tindakan pencegahan
Penerapan ke-enam prosedur wajib tersebut secara efektif menjadi indikator jalannya sistem manajemen mutu berjalan dengan baik. Mengapa demikian? Mari kita lihat prinsip dari sistem manajemen mutu ISO 9001 adalah untuk mewujudkan kepuasan pelanggan. Untuk mencapai kepuasan pelanggan maka produk dan jasa yang kita berikan ke pelanggan harus memenuhi apa yang pelanggan inginkan. 

Dalam realisasi proses di internal perusahaan, selalu ditekankan adanya prinsip pengendalian mutu :
  1. Tidak membuat ketidaksesuaian atau non conformity
  2. Tidak menerima ketidaksesuaian
  3. Tidak meneruskan ketidaksesuaian ke proses berikutnya
Ketiga prinsip tersebut dapat dikontrol dengan ke-enam prosedur tersebut. Silahkan uraikan keterkaitan antara 6 prosedur dengan tiga prinsip pengendalian mutu tersebut, dan temukan jawabannya.

Selasa, 15 Maret 2011

Standar Nasional Indonesia untuk Produk

Kalau Anda seorang Biker, apakah Helmet Anda terdapat emboss "SNI"? Apa kelebihan helm yang SNI dengan yang tidak ber-SNI?

Standar Nasional Indonesia adalah standar yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin produk yang digunakan masyarakat memenuhi persyaratan keselamatan dan memenuhi persyaratan kelayakan penggunaan (SNI Wajib). Mengapa SNI menjadi sangat penting? Ya, karena dipastikan bahwa produk yang ber-SNI telah melampaui serangkaian uji laboratorium untuk memenuhi persyaratan mutu. Apa persyaratan mutunya? tergantung dari apa yang tertulis di SNI, bisa persyaratan dimensi, persyaratan visual ataupun persyaratan uji performance.

Perusahaan yang telah disertifikasi produknya dengan SNI juga diaudit penerapan sistem manajemen mutunya. Sistem Manajemen Mutu tersebut mengacu ke persyaratan ISO 9001 atau ekuivalennya. Audit tersebut juga dilakukan selama periode tertentu (biasanya tahunan) sebagai wujud pengawasan berkala. Dengan demikian konsistensi produsen dalam menghasilkan produk yang bermutu dapat diwujudkan.

Minggu, 13 Maret 2011

Tips Membeli Barang dengan Bijak

Jika Anda ingin membeli barang yang Anda butuhkan, cobalah Anda amati bagaimana si penjual melayani Anda dari berbagai toko yang Anda kunjungi untuk barang yang sama. Ada kemungkinan beberapa kondisi yang akan Anda temui :
  1. Anda akan ditawarkan dengan harga murah.
  2. Anda akan ditawarkan dengan harga mahal.
  3. Anda akan ditawarkan dengan harga sedikit lebih murah.
Dari setiap harga yang penjual tawarkan mengandung konsekuensi masing-masing. Harga murah mungkin kualitasnya sedikit di bawah. Harga mahal mungkin karena kualitas. Harga sedikit lebih murah mungkin karena Anda pelanggan lama. 

Jika kita maunya yang murah, maka kualitas cenderung kurang memenuhi harapan kita. Jika kita membeli yang mahal, belum tentu juga kualitasnya terjamin. Lalu bagaimana cara kita memilihnya?

Yang harus jadi patokan saat Anda membeli barang adalah persyaratan minimum yang Anda harapkan terpenuhi. Persyaratan minimum bisa dalam harga, kualitas, model, garansi, harga jual kembali, dan lain-lain. Ketika kualitas menjadi pertimbangan, maka sebetulnya jika Anda membayar sedikit lebih mahal, maka hal tersebut sangatlah wajar. Dengan kualitas barang yang bagus, maka nilai fungsi yang didapat akan semakin lebih lama. Jadi sebetulnya dengan umur pemakaian yang lebih lama, Anda tidak rugi. 

Jadi tetapkanlah apa syarat minimalnya, lalu putuskan dengan bijak.

Kamis, 10 Maret 2011

Apa Peran Saya dalam Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

Apa peran saya dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 (SMM)? Seberapa besar peran saya tersebut dalam organisasi? Apa yang akan terjadi jika peran tersebut tidak saya jalankan?

Dalam prakteknya, masih banyak pelaku organisasi yang masih abstrak apa sebenarnya peran mereka dalam penerapan ISO 9001:2008. Sebetulnya sangat simple untuk menentukan apa peran saya sebenarnya dalam penerapan ISO 9001 tersebut. Bagaimana caranya? Ok sekarang kita bicara hakikat bekerja. Dalam setiap pekerjaan dituntut adanya niat, kerja keras, pantang menyerah, bekerja sama, berdiskusi, berencana, dan lain-lain. Artinya jika kita bicara peran maka peran kita adalah minimal apa yang seharusnya kita lakukan untuk memenuhi target bekerja. Apa target bekerja? dalam pengertian yang sangat sempit maka target bekerja bisa berwujud memenuhi kapasitas produksi, mencegah kerusakan produk, memuaskan pelanggan, meningkatkan absensi karyawan, memperbaiki mesin rusak, dll. Dalam arti luas, maka target bekerja adalah menjadikan perusahaan kita "untung". Dengan laba atau keuntungan maka apa yang menjadi harapan semua orang dalam perusahaan sangat mungkin terwujud (kesejahteraan).

Kembali ke peran saya dalam penerapan ISO 9001, adalah apa yang menjadi peran kita dalam bekerja sehari-hari haruslah sesuai dengan prosedur kerja yang ditetapkan. Mengapa demikian, hal tersebut untuk mengurangi adanya potensi kegagalan kerja, potensi penyimpangan dan potensi pemborosan. Dalam bahasa yang mudah adalah ISO mengisyaratkan peran kita dengan disemanagati komitmen dan konsistensi untuk melakukannya.

Sabtu, 05 Maret 2011

Merawat Mesin Produksi

Maintenance Planning and Scheduling Handbook (McGraw-Hill Handbooks)Dalam sehari berapa jam mesin produksi di perusahaan Anda "running"? Berapa jumlah mesin yang disiapkan "stand by" untuk mengantisipasi mesin problem? Jika terjadi problem, bagaimana mengantisipasinya?

Bicara mengenai proses manufaktur tidak akan terlepas dari mesin produksi yang digunakan. Mesin tersebut adalah "nyawa" dari core business perusahaan Anda. Jika core business anda adalah printing, maka mesin printing adalah nyawanya, jika core business nya adalah injeksi maka mesin injeksi adalah nyawanya. Sehingga untuk menjadi pemain kunci dalam business yang anda geluti maka peran mesin produksi adalah vital.

Merawat mesin merupakan salah satu cara untuk menjamin proses anda terus berjalan. Tujuan perawatan adalah untuk memastikan bahwa semua parameter mesin dalam kondisi sehat selalu dan siap dijalankan sesuai schedule produksi. Mesin mempunyai keterbatasan seiring dengan berjalannya waktu, sehingga perawatan pun membutuhkan "management" tersendiri untuk merawatnya. Sayangilah mesin Anda, sebab dengan mesin tersebut perusahaan Anda akan mampu terus menghasilkan untuk menuju perusahaan yang "profitable". Dengan profit tersebut maka kesejahteraan semakin dengan kita, bukan?

Jumat, 18 Februari 2011

Menyikapi Temuan dalam Audit ISO 9001

Ada berapa temuan dalam audit SMM ISO 9001:2008 terakhir kali di perusahaan Anda? berapa kategori temuan tersebut? major, minor ataukah hanya saran dari auditor? terus bagaimanakah anda menyikapi temuan tersebut?

Bicara implementasi ISO 9001 pada prinsipnya adalah bicara mengenai komitmen dan konsistensi dari para pelaku proses. Artinya, kita bicara mengenai 'people'. Manusia memang selalu akan berusaha menjadi yang terbaik dibidangnya, namun perlu dilakukan juga fungsi kontrol apakah yang dilakukan sudah benar ataukah masih perlu perbaikan. Sehingga temuan dalam audit sebetulnya adalah fungsi kontrol yang lebih objective. Mengapa lebih objective? ya, karena audit ISO 9001 dilakukan oleh third party yang independen. Jika fungsi kontrol dilakukan oleh atasan, bawahan atau rekan satu team, maka obyektivitas tidak bisa dijamin.

Jadi, menyikapi temuan audit ISO 9001 bukanlah sesuatu hal yang kita harus malu, merasa bersalah atau kurang "well perform" dengan baik. Yang terpenting adalah adanya proses perbaikan dari setiap temuan yang disampaikan auditor. Bukankah Anda sendiri selalu ingin menjadi lebih baik bukan?

Rabu, 12 Januari 2011

Peran Konsultan ISO 9001

Apa yang sudah Anda dapatkan dari seorang konsultan ISO 9001? pekerjaan makin efektif ataukah semakin tidak efektif? Idealnya seorang konsultan bisa membuat semua proses menjadi lebih efektif dengan modal / resources sekecil-kecilnya. Tidak sedikit perusahaan yang setelah mendapatkan sertifikat ISO 9001 menjadi sudah bergerak karena terbelenggu oleh prosedur yang dibuatnya sendiri.

Sebagai seorang konsultan yang baik, harus bisa melihat mana proses-proses yang merupakan pemborosan "waste". Sehingga desain proses yang diminta ISO tidak ada duplikasi pekerjaan. Seorang konsultan harus mempelajari proses perusahaan yang ada di client sebelum memberikan konsultasi, agar dapat merasakan kondisi perusahaan secara "real", sehingga hal-hal yang sudah baik tidak perlu dirubah. Jika perubahan dilakukan sporadis maka yang terjadi adalah benturan saat proses berjalan, karena pada prinsipnya faktor "human" sebagai pelaku proses tetap dominan dalam penerapan ISO 9001.


Jumat, 10 Desember 2010

Corporate Social Responsibilty (CSR)

The Oxford Handbook of Corporate Social Responsibility (Oxford Handbooks)Jika Anda mempunyai sebuah perusahaan yang cukup mapan, pernahkah terpikirkan bahwa eksistensi perusahaan Anda sadar atau tidak sadar ada sumbangan dari masyarakat? Apa sumbangan tersebut? bisa jadi lingkungan yang kondusif, adanya kontrakan atau rumah kost untuk karyawan perusahaan Anda, adanya penjual nasi yang mensuplai kebutuhan makan karyawan Anda, adanya angkutan umum yang mengantarkan karyawan Anda bekerja tepat waktu, dan yang harus Anda akui adanya masayarakat yang menggunakan jasa ataupun produk Anda.

Saat Anda sadar bahwa ada sumbangsih masayarakat, maka Anda pun tidak akan menutup mata bahwa perusahaan Anda juga semestinya memberikan sumbangsih balik ke masyarakat. Dengan timbal balik yang saling menguntungkan maka tidak hanya perusahaan Anda yang akan maju namun masyarakat juga akan semakin berdaya.

Perusahaan dapat membuat program yang sekiranya masyarakat butuhkan, seperti membangun poliklinik kesehatan, sarana ibadah ataupun sarana pemberdayaan masyarakat lainnya. Dengan terciptanya tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, maka pengentasan keterbelakangan masyarakat akan terbantukan. Sudahkah perusahaan Anda menjalankan program corporate social responsibility?

Jumat, 26 November 2010

Keteladanan

Keteladanan adalah memberi contoh tanpa memaksa orang lain mengikuti
Keteladanan tidak harus dalam melakukan aktivitas yang berat, senyum juga merupakan teladan bagaimana mengolah wajah kita bisa ditiru oleh orang lain.
Keteladanan tidak harus ditempuh melalui proses belajar di kelas, lingkungan banyak memberi kita contoh keteladanan:
  • lihatlah matahari yang selalu tepat waktu untuk bersinar 
  • lihatlah semut yang berbaris rapi tanpa menginjak satu sama lain
  • lihatlah air yang selalu akan mencari jalan walaupun dibendung jalurnya
  • lihatlah lebah yang mengambil madu tanpa merusak keindahan bunga
  • lihatlah ayam yang berangkat pagi pulang petang dengan perut yang kenyang
  • .........masih banyak contoh keteladanan lainnya, silahkan Anda temukan!!!!  salam

Maaf, Tolong dan Terima Kasih

Maaf, jika tidak keberatan bolehkah saya duduk disini...
Tolong pak, untuk meeting nanti siang disiapkan agendanya ya...
Terima kasih pak, teh yang bapak sajikan sangat nikmat rasanya...

Maaf tidak selamanya kita ucapkan ketika kita berbuat salah.
Tolong sangat sopan diucapkan ketika kita butuh bantuan orang lain.
Terima kasih sangat dianjurkan kita ucapkan sebagai wujud apresiasi atas kinerja orang lain.

Rabu, 03 November 2010

Tips Merangkul Anak Buah Yang Lebih Senior

How to Say It to Seniors: Closing the Communication Gap with Our EldersPernahkah Anda berhadapan dengan anak buah Anda yang lebih senior? Apakah mudah merangkul mereka untuk bekerja sesuai kebijakan kita? apa kiatnya agar mereka bisa mengerti dan menjadi partner kita dalam bekerja?

Anak buah yang lebih senior dapat berarti umur lebih tua, pengalaman kerja lebih banyak, atau masuk bekerja di tempat kita lebih dahulu dibanding kita. Tidak sedikit benturan yang terjadi antara anak buah senior dengan kita. Hal-hal yang menjadi faktor benturan biasanya muncul karena "kesenioran" tersebut. faktor benturan juga bisa disebabkan oleh kita sendiri sebagai atasan yang tidak bisa "berkomunikasi" dengan senior. Perlu diketahui bahwa anak buah senior memiliki beberapa kelebihan dibanding kita, diantaranya:
  • usia lebih matang, sehingga kedewasaan bisa jadi lebih baik dibanding kita sebagai atasan.
  • lebih pengalaman dalam bekerja, sehingga ilmu yang dipunyai bisa jadi lebih mumpuni dibanding kita sebagai atasan.
Dengan kelebihan tersebut, ada kalanya mereka resistan terhadap atasan yang lebih muda, apalagi jika kita dianggap tidak kompeten sebagai pemimpin. Untuk merangkul mereka berikut ini adalah tips-tipsnya:
  1. Pahami bahwa mereka memiliki potensi yang bagus untuk kita belajar dari mereka
  2. Gunakan bahasa yang berbeda dengan mereka.
  3. Akui semua kelebihan yang ada pada mereka (mengapresiasi).
  4. Ajaklah mereka untuk diskusi kecil sehingga eksistensi mereka tetap diakui
  5. Setelah mereka bisa kita rangkul, tetaplah konsisten dengan apa yang sudah kita lakukan sebelumnya

Sabtu, 23 Oktober 2010

Masalah Umum Penerapan ISO 9001:2008

The Art and Craft of Problem Solving 
Masalah umum seperti apa yang biasa muncul dalam penerapan ISO 9001:2008 di perusahaan Anda? Apakah masalah tersebut berdampak pada proses dan performa perusahaan? Apakah top management mengambil bagian dari masalah-masalah tersebut? Atau anda sendirikah yang sering menjadi bagian dari masalah-masalah tersebut?

Dalam praktek ISO 9001:2008 secara garis besar terdapat masalah-masalah yang sangat umum terjadi. Masalah-masalah umum tersebut mencakup :
  1. Kurangnya komitmen manajemen puncak atau top management. Perlu diketahui bahwa top management adalah nahkoda kapal yang menentukan berhasil-tidaknya sebuah perjalanan. Sedangkan ISO 9001:2008 adalah peta yang dipegang sang nahkoda. Jika top management tidak komitmen, maka akan terjadi "penurunan motivasi" dalam menerapkan ISO 9001:2008. Berikut ini adalah bukti kurangnya komitmen dari top management: tidak melakukan review atau tinjauan terhadap agenda management review, tidak memberi keteladanan dalam penerapan ISO 9001:2008 yang tertuang dalam manual dan prosedur mutu. Komitmen yang kurang dari top management akan mempengaruhi performa perusahaan secara luas, baik menyangkut ke efek internal ataupun ke eksternal perusahaan.
  2. Tidak konsisten dalam menjalankan prosedur ISO 9001:2008. Konsisten adalah masalah disiplin dan moral. Konsisten membutuhkan kemauan yang kuat untuk terus menerus taat terhadap semua aturan yang tertuang dalam manual dan prosedur mutu (disiplin). Konsisten juga membutuhkan sikap mental bahwa menjalankan persyaratan ISO 9001:2008 pada prinsipnya adalah menjalankan nilai-nilai baik dalam bekerja atau dalam bisnis (moral). Ketidakkonsistenan akan mempengaruhi variasi proses menjadi tidak terkendali, yang berakibat pada munculnya produk dan proses yang tidak sesuai.
Dari uraian di atas jelas bahwa masalah umum dalam penerapan ISO 9001:2008 adalah konsistensi dan komitmen. Sudahkah Anda memiliki komitmen dan konsisten untuk menerapkan semua persyaratan ISO 9001:2008?

Jumat, 22 Oktober 2010

Gagal Merencanakan Berarti Merencanakan Kegagalan

Project Planning, Scheduling & Control, 4E: A Hands-On Guide to Bringing Projects in on Time and on BudgetPernahkah Anda melakukan suatu kegiatan tanpa merencanakannya terlebih dahulu? Atau seringkah Anda melakukan kegiatan mendahuluinya dengan sebuah perencanaan? Apakah ada perbedaan antara yang terencana dengan yang tidak terencana?

Saat kita merencanakan kegiatan, sebetulnya Anda sedang merencanakan kesusksesan dari kegiatan tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika Anda melakukan kegiatan tanpa perencanaan, maka pada dasarnya Anda merencanakan sebuah kegagalan. Mau bukti? gampang sekali dan ini tentunya sering kita lakukan. Coba kita ingat saat 2 minggu lagi akan ada ujian semester, maka kita akan berusaha merencanakan suatu kegiatan seperti:
  • materi apa yang akan diujikan
  • perlu belajar sendiri ataukah berkelompok
  • perlu latihan soal atau cukup hafalan
  • catatan apa yang belum ada
  • kalau open book sudahkah ada buku referensi untuk ujian
  • di ruang mana dan siapa yang menjaga kelas
  • dlll
jadi, semakin cermat kita merencanakan sesuatu maka akan semakin dekat kita dengan keberhasilan. Merencanakan kegiatan pada prinsipnya adalah meminimalkan resiko dari apa yang  mungkin kita tidak bisa atasi. Semakin baik kita merencanakan maka semakin kecil pula resiko yang akan kita hadapi jikalau kita tidak bisa menyelesaikan pekerjaan kita.

Seberapa hebat Anda merencanakan pekerjaan Anda?


Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com