Sabtu, 23 April 2011

Electronic File untuk Dokumentasi ISO 9001:2008

Dengan isu global warming dan menuju perusahaan yang ramah lingkungan, semua perusahaan berlomba untuk mewujudkannya dengan melakukan sekecil apapun usaha yang bercirikan "ramah lingkungan". Salah satu cara adalah dengan melakukan sistem electronic file untuk dokumentasi ISO 9001:2008. Electronic file disini adalah semua dokumen yang diperlukan untuk implementasi ISO 9001:2008 dilakukan dengan software sehingga tidak perlu lagi print out kertas untuk membuat dokumennya.

Selain ramah lingkungan electronic file juga memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:
  1. Mudah dikendalikan dan diakses dari manapun
  2. Cepat didistribusikan dan diakses
  3. Murah, karena tidak perlu cetak ke kertas
  4. Tidak memerlukan tempat penyimpanan dokumen seperti rak dan lemari
Namun untuk menuju ke arah electronic file, perusahaan harus mempunyai dukungan jaringan komputer (intranet atau internet) yang handal sebagai modal dasarnya. Silahkan mencoba....

Kamis, 14 April 2011

Manual Mutu Yang Efektif

Jika perusahaan Anda sudah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, apakah manual mutunya sudah efektif? apa kriteria manual mutu tersebut efektif?

Manual mutu yang efektif akan mengatur jalannya organisasi lebih terarah dan fleksibel untuk mengikuti dinamika organisasi perusahaan. Apa kriteria efektifitas manual mutu? manual mutu yang efektif pada prinsipnya memenuhi beberapa kriteria berikut ini:

  • Isi atau content, manual mutu dirancang betul-betul sesuai dengan business proses organisasi atau perusahaan. Proses proses yang tidak termasuk dalam lingkup dikeluarkan dari manual mutu, demikian pula sebaliknya, proses yang belum ada dimasukan dalam lingkup manual mutu. 
  • Sistem dokumentasi, dirancang agar setiap revisi dari manual mutu dapat terkendali dan hanya mengubah halaman yang mengalami perubahan (parsial).
  • Bahasa, menggunakan bahasa dan istilah yang paling mudah dimengerti oleh para pelaku di organisasi, termasuk menggunakan istilah asing yang diperlukan untuk membantu pemahaman (continues improvement, 5S, pokayoke, non conformity) dan bahasa lokal yang dianggap cukup familier di lingkungan perusahaan.
  • Hal-hal yang sifatnya mudah berubah diletakkan dalam halaman lampiran (struktur organisasi).
  • Referensi, gunakan link referensi yang diperlukan untuk pemahaman manual mutu, misalnya buku, link website, dll. Hal ini bertujuan agar isi manual mutu tetap ringkas dan mudah dikendalikan.
  • Memenuhi persyaratan minimal dalam ISO 9001:2008.
  • Integrasi, jika menerapkan juga ISO 14001 dan OHSAS 18001, sebaiknya diintegrasikan dengan manual mutu yang ada, sehingga kita hanya mempunyai manual integrasi mutu, lingkungan dan safety.

Senin, 11 April 2011

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Gajah Tunggal Tahun 2011

Politeknik Gajah Tunggal tahun 2011 ini membuka penerimaan calon mahasiswa baru untuk jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Politeknik Gajah Tunggal Perguruan Tinggi yang didirikan pada tahun 1981, bertujuan mencetak tenaga-tenaga Ahli Teknik Madya (Diploma III) yang unggul dan siap kerja, membuka kesempatan kepada lulusan terbaik SMA/SMK di seluruh Indonesia pada tahun akademik 2011/2012 untuk jurusan :

1. Teknik Mesin Kode : (TM)
2. Teknik Elektro Kode : ( TE )

I. FASILITAS SELAMA PENDIDIKAN

1. Dibebaskan : Biaya SPP, Biaya SKS, Biaya Praktikum dan Perpustakaan
2. Diberikan : Uang Saku Bulanan, Kupon Makan Siang, Buku Tulis setiap semester, dan Pakaian
Seragam setiap tahun
3. Disediakan : Asrama untuk mahasiswa dari luar kota Tangerang

II. PERSYARATAN :
A. UMUM
1. Pria, Sehat Jasmani dan Rohani, Tinggi badan minimal 160 cm.
2. Tanggal 1 September 2011, berumur maksimum 21 tahun.
3. Lulus SMA Jurusan IPA atau SMK dengan program studi yang sesuai dengan jurusan di Politeknik Gajah Tunggal.
4. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.
5. Bersedia mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis, kesamaptaan, wawancara, psikotes dan kesehatan.
6. Setelah lulus, dilanjutkan dengan pembelajaran dengan bekerja dalam status Ikatan Dinas di lingkungan Perusahaan Gajah Tunggal Group selama 5 ( lima ) tahun.
B. KHUSUS
1. Surat lamaran dengan alamat yang jelas dan mencantumkan kode jurusan yang diminati pada pojok kiri atas amplop.
2. Foto copy STTB/Ijazah yang telah dilegalisir bagi lulusan tahun 2009, 2010 dan 2011 ( bagi yang belum menerima STTB/Ijazah, dapat disusulkan pada saat mengikuti tes tertulis)
3. a. Lulusan SMA : - Foto copy Raport lengkap (kelas 1, 2 dan 3) yang telah dilegalisir.
- Rekapitulasi nilai mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris rata-rata minimal 6,5.( asli )
b. Lulusan SMK : - Foto copy Transkrip/Raport lengkap (kelas 1, 2 dan 3) yang telah dilegalisir.
- Rekapitulasi nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Uji Kompetensi Produktip rata-rata minimal 6,5.( asli )
4. Foto copy KTP/Kartu Pelajar dan Foto copy Kartu Keluarga ( KK ).
5. Pas Photo terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
6. Daftar Riwayat Hidup.
7. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian, yang telah dilegalisir.
8. Surat Keterangan Penghasilan :
a. Slip Gaji terbaru dari Departemen/Bagian Personalia bagi orang tua/wali yang bekerja.
b. Penghasilan terbaru dari Kelurahan / Kepala Desa bagi orang tua / wali yang berwiraswasta / pensiunan / petani.
9. Surat Keterangan Sehat dari dokter dan tidak buta warna.

III. MATERI UJIAN TULIS

Materi Ujian Tulis : Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris.

IV. LAIN-LAIN
1. Lamaran harus diterima Panitia PMB selambat-lambatnya tanggal 25 April 2011
2. Bagi yang lulus Seleksi Administrasi sesuai dengan kriteria Panitia PMB 2011 Politeknik Gajah
Tunggal akan dipanggil untuk mengikuti tes tertulis melalui surat atau dapat dilihat pada :
a. Internet : Home Page : http//www.poltek-gt.ac.id atau
b. Dapat ditanyakan langsung melalui Telepon Politeknik Gajah Tunggal (021) 5900468 pada hari kerja jam 08.30 ~ 16.00 WIB. (Bpk Amin Kuato, Bpk Karno.)
3. Berkas lamaran dikirim/diantar langsung ke :



PANITIA PMB 2011
POLITEKNIK GAJAH TUNGGAL
KOTAK POS 540
TANGERANG 15001

Selasa, 29 Maret 2011

Supplier Quality Manual

Pernahkah Anda bermasalah dengan para supplier atau vendor terkait dengan quality product dan service yang Anda tetapkan? Berapa sering mereka bermasalah? Seberapa jauh efek terhadap quality product Anda?

Supplier Evaluation & Performance ExcellenceJika product Anda terpengaruh akibat quality material yang kurang baik dari supplier atau vendor, ada baiknya segera lakukan analisis untuk mencari root causenya. Bisa jadi quality yang kurang baik tersebut dikarenakan karena Anda menetapkan persyaratan yang kurang spesifik, multi tafsir, susah dipenuhi dan tidak masuk akal. Untuk mencegah timbulnya hal-hal seperti diatas, maka diperlukan supplier quality manual. Apa itu supplier quality manual? hampir sama dengan quality manual perusahaan Anda, hanya saja diperuntukan khusus untuk supplier atau vendor yang akan mensuplai material atau barang - barang lain yang mendukung product Anda

Lakukan meeting dengan para supplier atau vendor mengenai tingkat kemampuan mereka dalam memenuhi standar yang Anda tetapkan dalam supplier quality manual tersebut. Ajak selalu mereka dalam setiap problem yang Anda hadapi, seperti dalam pengembangan produk baru, penanganan komplain dan klaim pelanggan, serta sosialisasi kebijakan perusahaan Anda.

Rabu, 16 Maret 2011

6 Prosedur Wajib dalam Dokumentasi ISO 9001

Tahukah Anda bahwa dalam dokumentasi ISO 9001:2008 ada berapa prosedur yang minimal ditetapkan oleh manajemen? 

Dalam praktek penerapan ISO 9001 diperlukan adanya prosedur terdokumentasi yang mengatur mengenai hal-hal berikut ini:
  1. Pengendalian dokumen dan data
  2. Pengendalian catatan mutu
  3. Internal audit
  4. Pengendalian Produk tidak sesuai
  5. Tindakan perbaikan
  6. Tindakan pencegahan
Penerapan ke-enam prosedur wajib tersebut secara efektif menjadi indikator jalannya sistem manajemen mutu berjalan dengan baik. Mengapa demikian? Mari kita lihat prinsip dari sistem manajemen mutu ISO 9001 adalah untuk mewujudkan kepuasan pelanggan. Untuk mencapai kepuasan pelanggan maka produk dan jasa yang kita berikan ke pelanggan harus memenuhi apa yang pelanggan inginkan. 

Dalam realisasi proses di internal perusahaan, selalu ditekankan adanya prinsip pengendalian mutu :
  1. Tidak membuat ketidaksesuaian atau non conformity
  2. Tidak menerima ketidaksesuaian
  3. Tidak meneruskan ketidaksesuaian ke proses berikutnya
Ketiga prinsip tersebut dapat dikontrol dengan ke-enam prosedur tersebut. Silahkan uraikan keterkaitan antara 6 prosedur dengan tiga prinsip pengendalian mutu tersebut, dan temukan jawabannya.

Selasa, 15 Maret 2011

Standar Nasional Indonesia untuk Produk

Kalau Anda seorang Biker, apakah Helmet Anda terdapat emboss "SNI"? Apa kelebihan helm yang SNI dengan yang tidak ber-SNI?

Standar Nasional Indonesia adalah standar yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin produk yang digunakan masyarakat memenuhi persyaratan keselamatan dan memenuhi persyaratan kelayakan penggunaan (SNI Wajib). Mengapa SNI menjadi sangat penting? Ya, karena dipastikan bahwa produk yang ber-SNI telah melampaui serangkaian uji laboratorium untuk memenuhi persyaratan mutu. Apa persyaratan mutunya? tergantung dari apa yang tertulis di SNI, bisa persyaratan dimensi, persyaratan visual ataupun persyaratan uji performance.

Perusahaan yang telah disertifikasi produknya dengan SNI juga diaudit penerapan sistem manajemen mutunya. Sistem Manajemen Mutu tersebut mengacu ke persyaratan ISO 9001 atau ekuivalennya. Audit tersebut juga dilakukan selama periode tertentu (biasanya tahunan) sebagai wujud pengawasan berkala. Dengan demikian konsistensi produsen dalam menghasilkan produk yang bermutu dapat diwujudkan.

Minggu, 13 Maret 2011

Tips Membeli Barang dengan Bijak

Jika Anda ingin membeli barang yang Anda butuhkan, cobalah Anda amati bagaimana si penjual melayani Anda dari berbagai toko yang Anda kunjungi untuk barang yang sama. Ada kemungkinan beberapa kondisi yang akan Anda temui :
  1. Anda akan ditawarkan dengan harga murah.
  2. Anda akan ditawarkan dengan harga mahal.
  3. Anda akan ditawarkan dengan harga sedikit lebih murah.
Dari setiap harga yang penjual tawarkan mengandung konsekuensi masing-masing. Harga murah mungkin kualitasnya sedikit di bawah. Harga mahal mungkin karena kualitas. Harga sedikit lebih murah mungkin karena Anda pelanggan lama. 

Jika kita maunya yang murah, maka kualitas cenderung kurang memenuhi harapan kita. Jika kita membeli yang mahal, belum tentu juga kualitasnya terjamin. Lalu bagaimana cara kita memilihnya?

Yang harus jadi patokan saat Anda membeli barang adalah persyaratan minimum yang Anda harapkan terpenuhi. Persyaratan minimum bisa dalam harga, kualitas, model, garansi, harga jual kembali, dan lain-lain. Ketika kualitas menjadi pertimbangan, maka sebetulnya jika Anda membayar sedikit lebih mahal, maka hal tersebut sangatlah wajar. Dengan kualitas barang yang bagus, maka nilai fungsi yang didapat akan semakin lebih lama. Jadi sebetulnya dengan umur pemakaian yang lebih lama, Anda tidak rugi. 

Jadi tetapkanlah apa syarat minimalnya, lalu putuskan dengan bijak.

Kamis, 10 Maret 2011

Apa Peran Saya dalam Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

Apa peran saya dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 (SMM)? Seberapa besar peran saya tersebut dalam organisasi? Apa yang akan terjadi jika peran tersebut tidak saya jalankan?

Dalam prakteknya, masih banyak pelaku organisasi yang masih abstrak apa sebenarnya peran mereka dalam penerapan ISO 9001:2008. Sebetulnya sangat simple untuk menentukan apa peran saya sebenarnya dalam penerapan ISO 9001 tersebut. Bagaimana caranya? Ok sekarang kita bicara hakikat bekerja. Dalam setiap pekerjaan dituntut adanya niat, kerja keras, pantang menyerah, bekerja sama, berdiskusi, berencana, dan lain-lain. Artinya jika kita bicara peran maka peran kita adalah minimal apa yang seharusnya kita lakukan untuk memenuhi target bekerja. Apa target bekerja? dalam pengertian yang sangat sempit maka target bekerja bisa berwujud memenuhi kapasitas produksi, mencegah kerusakan produk, memuaskan pelanggan, meningkatkan absensi karyawan, memperbaiki mesin rusak, dll. Dalam arti luas, maka target bekerja adalah menjadikan perusahaan kita "untung". Dengan laba atau keuntungan maka apa yang menjadi harapan semua orang dalam perusahaan sangat mungkin terwujud (kesejahteraan).

Kembali ke peran saya dalam penerapan ISO 9001, adalah apa yang menjadi peran kita dalam bekerja sehari-hari haruslah sesuai dengan prosedur kerja yang ditetapkan. Mengapa demikian, hal tersebut untuk mengurangi adanya potensi kegagalan kerja, potensi penyimpangan dan potensi pemborosan. Dalam bahasa yang mudah adalah ISO mengisyaratkan peran kita dengan disemanagati komitmen dan konsistensi untuk melakukannya.

Sabtu, 05 Maret 2011

Merawat Mesin Produksi

Maintenance Planning and Scheduling Handbook (McGraw-Hill Handbooks)Dalam sehari berapa jam mesin produksi di perusahaan Anda "running"? Berapa jumlah mesin yang disiapkan "stand by" untuk mengantisipasi mesin problem? Jika terjadi problem, bagaimana mengantisipasinya?

Bicara mengenai proses manufaktur tidak akan terlepas dari mesin produksi yang digunakan. Mesin tersebut adalah "nyawa" dari core business perusahaan Anda. Jika core business anda adalah printing, maka mesin printing adalah nyawanya, jika core business nya adalah injeksi maka mesin injeksi adalah nyawanya. Sehingga untuk menjadi pemain kunci dalam business yang anda geluti maka peran mesin produksi adalah vital.

Merawat mesin merupakan salah satu cara untuk menjamin proses anda terus berjalan. Tujuan perawatan adalah untuk memastikan bahwa semua parameter mesin dalam kondisi sehat selalu dan siap dijalankan sesuai schedule produksi. Mesin mempunyai keterbatasan seiring dengan berjalannya waktu, sehingga perawatan pun membutuhkan "management" tersendiri untuk merawatnya. Sayangilah mesin Anda, sebab dengan mesin tersebut perusahaan Anda akan mampu terus menghasilkan untuk menuju perusahaan yang "profitable". Dengan profit tersebut maka kesejahteraan semakin dengan kita, bukan?

Jumat, 18 Februari 2011

Menyikapi Temuan dalam Audit ISO 9001

Ada berapa temuan dalam audit SMM ISO 9001:2008 terakhir kali di perusahaan Anda? berapa kategori temuan tersebut? major, minor ataukah hanya saran dari auditor? terus bagaimanakah anda menyikapi temuan tersebut?

Bicara implementasi ISO 9001 pada prinsipnya adalah bicara mengenai komitmen dan konsistensi dari para pelaku proses. Artinya, kita bicara mengenai 'people'. Manusia memang selalu akan berusaha menjadi yang terbaik dibidangnya, namun perlu dilakukan juga fungsi kontrol apakah yang dilakukan sudah benar ataukah masih perlu perbaikan. Sehingga temuan dalam audit sebetulnya adalah fungsi kontrol yang lebih objective. Mengapa lebih objective? ya, karena audit ISO 9001 dilakukan oleh third party yang independen. Jika fungsi kontrol dilakukan oleh atasan, bawahan atau rekan satu team, maka obyektivitas tidak bisa dijamin.

Jadi, menyikapi temuan audit ISO 9001 bukanlah sesuatu hal yang kita harus malu, merasa bersalah atau kurang "well perform" dengan baik. Yang terpenting adalah adanya proses perbaikan dari setiap temuan yang disampaikan auditor. Bukankah Anda sendiri selalu ingin menjadi lebih baik bukan?

Rabu, 12 Januari 2011

Peran Konsultan ISO 9001

Apa yang sudah Anda dapatkan dari seorang konsultan ISO 9001? pekerjaan makin efektif ataukah semakin tidak efektif? Idealnya seorang konsultan bisa membuat semua proses menjadi lebih efektif dengan modal / resources sekecil-kecilnya. Tidak sedikit perusahaan yang setelah mendapatkan sertifikat ISO 9001 menjadi sudah bergerak karena terbelenggu oleh prosedur yang dibuatnya sendiri.

Sebagai seorang konsultan yang baik, harus bisa melihat mana proses-proses yang merupakan pemborosan "waste". Sehingga desain proses yang diminta ISO tidak ada duplikasi pekerjaan. Seorang konsultan harus mempelajari proses perusahaan yang ada di client sebelum memberikan konsultasi, agar dapat merasakan kondisi perusahaan secara "real", sehingga hal-hal yang sudah baik tidak perlu dirubah. Jika perubahan dilakukan sporadis maka yang terjadi adalah benturan saat proses berjalan, karena pada prinsipnya faktor "human" sebagai pelaku proses tetap dominan dalam penerapan ISO 9001.


Jumat, 10 Desember 2010

Corporate Social Responsibilty (CSR)

The Oxford Handbook of Corporate Social Responsibility (Oxford Handbooks)Jika Anda mempunyai sebuah perusahaan yang cukup mapan, pernahkah terpikirkan bahwa eksistensi perusahaan Anda sadar atau tidak sadar ada sumbangan dari masyarakat? Apa sumbangan tersebut? bisa jadi lingkungan yang kondusif, adanya kontrakan atau rumah kost untuk karyawan perusahaan Anda, adanya penjual nasi yang mensuplai kebutuhan makan karyawan Anda, adanya angkutan umum yang mengantarkan karyawan Anda bekerja tepat waktu, dan yang harus Anda akui adanya masayarakat yang menggunakan jasa ataupun produk Anda.

Saat Anda sadar bahwa ada sumbangsih masayarakat, maka Anda pun tidak akan menutup mata bahwa perusahaan Anda juga semestinya memberikan sumbangsih balik ke masyarakat. Dengan timbal balik yang saling menguntungkan maka tidak hanya perusahaan Anda yang akan maju namun masyarakat juga akan semakin berdaya.

Perusahaan dapat membuat program yang sekiranya masyarakat butuhkan, seperti membangun poliklinik kesehatan, sarana ibadah ataupun sarana pemberdayaan masyarakat lainnya. Dengan terciptanya tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, maka pengentasan keterbelakangan masyarakat akan terbantukan. Sudahkah perusahaan Anda menjalankan program corporate social responsibility?

Jumat, 26 November 2010

Keteladanan

Keteladanan adalah memberi contoh tanpa memaksa orang lain mengikuti
Keteladanan tidak harus dalam melakukan aktivitas yang berat, senyum juga merupakan teladan bagaimana mengolah wajah kita bisa ditiru oleh orang lain.
Keteladanan tidak harus ditempuh melalui proses belajar di kelas, lingkungan banyak memberi kita contoh keteladanan:
  • lihatlah matahari yang selalu tepat waktu untuk bersinar 
  • lihatlah semut yang berbaris rapi tanpa menginjak satu sama lain
  • lihatlah air yang selalu akan mencari jalan walaupun dibendung jalurnya
  • lihatlah lebah yang mengambil madu tanpa merusak keindahan bunga
  • lihatlah ayam yang berangkat pagi pulang petang dengan perut yang kenyang
  • .........masih banyak contoh keteladanan lainnya, silahkan Anda temukan!!!!  salam

Maaf, Tolong dan Terima Kasih

Maaf, jika tidak keberatan bolehkah saya duduk disini...
Tolong pak, untuk meeting nanti siang disiapkan agendanya ya...
Terima kasih pak, teh yang bapak sajikan sangat nikmat rasanya...

Maaf tidak selamanya kita ucapkan ketika kita berbuat salah.
Tolong sangat sopan diucapkan ketika kita butuh bantuan orang lain.
Terima kasih sangat dianjurkan kita ucapkan sebagai wujud apresiasi atas kinerja orang lain.

Rabu, 03 November 2010

Tips Merangkul Anak Buah Yang Lebih Senior

How to Say It to Seniors: Closing the Communication Gap with Our EldersPernahkah Anda berhadapan dengan anak buah Anda yang lebih senior? Apakah mudah merangkul mereka untuk bekerja sesuai kebijakan kita? apa kiatnya agar mereka bisa mengerti dan menjadi partner kita dalam bekerja?

Anak buah yang lebih senior dapat berarti umur lebih tua, pengalaman kerja lebih banyak, atau masuk bekerja di tempat kita lebih dahulu dibanding kita. Tidak sedikit benturan yang terjadi antara anak buah senior dengan kita. Hal-hal yang menjadi faktor benturan biasanya muncul karena "kesenioran" tersebut. faktor benturan juga bisa disebabkan oleh kita sendiri sebagai atasan yang tidak bisa "berkomunikasi" dengan senior. Perlu diketahui bahwa anak buah senior memiliki beberapa kelebihan dibanding kita, diantaranya:
  • usia lebih matang, sehingga kedewasaan bisa jadi lebih baik dibanding kita sebagai atasan.
  • lebih pengalaman dalam bekerja, sehingga ilmu yang dipunyai bisa jadi lebih mumpuni dibanding kita sebagai atasan.
Dengan kelebihan tersebut, ada kalanya mereka resistan terhadap atasan yang lebih muda, apalagi jika kita dianggap tidak kompeten sebagai pemimpin. Untuk merangkul mereka berikut ini adalah tips-tipsnya:
  1. Pahami bahwa mereka memiliki potensi yang bagus untuk kita belajar dari mereka
  2. Gunakan bahasa yang berbeda dengan mereka.
  3. Akui semua kelebihan yang ada pada mereka (mengapresiasi).
  4. Ajaklah mereka untuk diskusi kecil sehingga eksistensi mereka tetap diakui
  5. Setelah mereka bisa kita rangkul, tetaplah konsisten dengan apa yang sudah kita lakukan sebelumnya

Sabtu, 23 Oktober 2010

Masalah Umum Penerapan ISO 9001:2008

The Art and Craft of Problem Solving 
Masalah umum seperti apa yang biasa muncul dalam penerapan ISO 9001:2008 di perusahaan Anda? Apakah masalah tersebut berdampak pada proses dan performa perusahaan? Apakah top management mengambil bagian dari masalah-masalah tersebut? Atau anda sendirikah yang sering menjadi bagian dari masalah-masalah tersebut?

Dalam praktek ISO 9001:2008 secara garis besar terdapat masalah-masalah yang sangat umum terjadi. Masalah-masalah umum tersebut mencakup :
  1. Kurangnya komitmen manajemen puncak atau top management. Perlu diketahui bahwa top management adalah nahkoda kapal yang menentukan berhasil-tidaknya sebuah perjalanan. Sedangkan ISO 9001:2008 adalah peta yang dipegang sang nahkoda. Jika top management tidak komitmen, maka akan terjadi "penurunan motivasi" dalam menerapkan ISO 9001:2008. Berikut ini adalah bukti kurangnya komitmen dari top management: tidak melakukan review atau tinjauan terhadap agenda management review, tidak memberi keteladanan dalam penerapan ISO 9001:2008 yang tertuang dalam manual dan prosedur mutu. Komitmen yang kurang dari top management akan mempengaruhi performa perusahaan secara luas, baik menyangkut ke efek internal ataupun ke eksternal perusahaan.
  2. Tidak konsisten dalam menjalankan prosedur ISO 9001:2008. Konsisten adalah masalah disiplin dan moral. Konsisten membutuhkan kemauan yang kuat untuk terus menerus taat terhadap semua aturan yang tertuang dalam manual dan prosedur mutu (disiplin). Konsisten juga membutuhkan sikap mental bahwa menjalankan persyaratan ISO 9001:2008 pada prinsipnya adalah menjalankan nilai-nilai baik dalam bekerja atau dalam bisnis (moral). Ketidakkonsistenan akan mempengaruhi variasi proses menjadi tidak terkendali, yang berakibat pada munculnya produk dan proses yang tidak sesuai.
Dari uraian di atas jelas bahwa masalah umum dalam penerapan ISO 9001:2008 adalah konsistensi dan komitmen. Sudahkah Anda memiliki komitmen dan konsisten untuk menerapkan semua persyaratan ISO 9001:2008?

Jumat, 22 Oktober 2010

Gagal Merencanakan Berarti Merencanakan Kegagalan

Project Planning, Scheduling & Control, 4E: A Hands-On Guide to Bringing Projects in on Time and on BudgetPernahkah Anda melakukan suatu kegiatan tanpa merencanakannya terlebih dahulu? Atau seringkah Anda melakukan kegiatan mendahuluinya dengan sebuah perencanaan? Apakah ada perbedaan antara yang terencana dengan yang tidak terencana?

Saat kita merencanakan kegiatan, sebetulnya Anda sedang merencanakan kesusksesan dari kegiatan tersebut. Begitu juga sebaliknya, jika Anda melakukan kegiatan tanpa perencanaan, maka pada dasarnya Anda merencanakan sebuah kegagalan. Mau bukti? gampang sekali dan ini tentunya sering kita lakukan. Coba kita ingat saat 2 minggu lagi akan ada ujian semester, maka kita akan berusaha merencanakan suatu kegiatan seperti:
  • materi apa yang akan diujikan
  • perlu belajar sendiri ataukah berkelompok
  • perlu latihan soal atau cukup hafalan
  • catatan apa yang belum ada
  • kalau open book sudahkah ada buku referensi untuk ujian
  • di ruang mana dan siapa yang menjaga kelas
  • dlll
jadi, semakin cermat kita merencanakan sesuatu maka akan semakin dekat kita dengan keberhasilan. Merencanakan kegiatan pada prinsipnya adalah meminimalkan resiko dari apa yang  mungkin kita tidak bisa atasi. Semakin baik kita merencanakan maka semakin kecil pula resiko yang akan kita hadapi jikalau kita tidak bisa menyelesaikan pekerjaan kita.

Seberapa hebat Anda merencanakan pekerjaan Anda?


Kamis, 21 Oktober 2010

Kekuatan Operator dan Leader Operator di Proses Produksi

Production and Operations Analysis (McGraw-Hill/Irwin Series Operations and Decision Sciences)Tahukah Anda bahwa Operator dan Leader Produksi merupakan kunci untuk menciptakan kualitas yang prima dalam jangka panjang? Mengapa demikian?

Seringkali perusahaan melakukan kebijakan yang kurang tepat dengan memberikan segala jenis pelatihan dan fasilitas untuk level supervisor hingga manager (mid to up) hingga melupakan operator. Betul memang kalau supervisor dan manager adalah yang mengatur strategi dan kebijakan untuk jalannya produksi. namun, kita mesti ingat bahwa mereka tidak setiap saat ada di line produksi., sehingga sepintar apapun mereka tidak akan pernah bisa tahu detail dari setiap masalah yang ada di produksi. 

Tahukah Anda siapa yang menjalankan mesin? Tahukah Anda siapa yang membuat produk? Tahukah Anda siapa yang setiap detik ada di lapangan? Tahukah Anda siapa yang keringatnya setiap saat selalu menetes di lapangan? Tahukah anda siapa yang melihat, mendengar, meraba dan merasakan semua variasi proses, material dan orang setiap saat di lapangan? Jawabnnya adalah operator dan leader operator.

Jika supervisor dan manager Anda semakin pintar karena ditraining, maka tidak ada jaminan mereka akan semakin loyal. mengapa? karena mereka merasa punya nilai tawar untuk bisa bekerja di tempat lain. Sedangkan jika operator dan leader semakin pintar, maka mereka akan semakin loyal? mengapa? karena mereka masih punya harapan untuk naik jabatan sepeerti menjadi leader, supervisor atau manager.

Jadi dengan memberdayakan operator dan leader operator sebagai ujung tombak proses produksi, maka diharapkan semua variasi sekecil apapun penyebab ketidaksesuaian produk dan proses dapat mereka tangkap dan diselesaikan tanpa perlu melibatkan supervisor atau managernya.

Seberapa hebat operator produksi di tempat Anda?

MemberdayakanTraining adalah Memberdayakan Trainer

Active Training: A Handbook of Techniques, Designs, Case Examples, and Tips (Active Training Series)Sudah berapa kali Anda ikut training? Apakah ada hal yang masih Anda ingat dari training tersebut? Apakah Anda menjalankan isi training tersebut?

Tiga pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang perlu kita jawab sendiri sehubungan dengan training yang pernah kita ikuti. Jika Anda menjawab sempurna untuk ketiga pertanyaan di atas maka "si trainer" boleh dikatakan sangat hebat. mengapa demikian? yang pertama Anda masih mengingat materi apa yang disampaikan. yang kedua anda menjalankan isi materi tersebut dalam praktek. dan yang paling hebat adalah "si trainer" mampu membuat peserta training mengikuti apa yang diajarkan.

Memberdayakan training adalah memberdayakan trainer. Banyak hal yang membuat training menjadi tidak berdaya yang dapat dikarenakan faktor teknis, namun jika trainernya hebat, maka kendala teknis tersebut adalah bukan masalah. Sebagai contoh saat perangkat audio visual yang digunakan tidak bekerja, maka trainer yang hebat akan berusaha menanggulanginya dengan cara yang efektif. Contohnya: dengan mengubah tempat duduk menjadi melingkar dan saling mendekat. Dengan cara ini maka suara trainer masih bisa didengar dan peserta tetap fokus.

Jika anda seorang trainer, seberapa besar daya Anda dalam mempengaruhi peserta training?

Rabu, 20 Oktober 2010

Peduli Mutu adalah Kesadaran Mutu

AwarenessPernah Anda dengar peribahasa "Tak kenal maka tak sayang"? sangatlah tepat kiranya peribahasa tersebut. Dengan mengenal maka kita akan sayang, dan dengan sayang kita akan peduli. Artinya peduli adalah apa yang terjadi, dan akan terjadi terhadap sesuatu yang kita sayangi kita ingin tahu, ingin lebih jelas, dan ingin lebih duluan  agar hal-hal yang tidak diharapkan tidak menimpa pada sesuatu yang kita sayangi.

Demikian pula dalam penerapan ISO 9001:2008, dimana tahap tertinggi dari bukti penerapan adalah adanya "kepedulian" dari semua level organisasi. Kalau kita mengenal mutu, maka seharusnya kita cinta mutu. Kalau kita cinta mutu, maka kita akan peduli mutu. Apa bukti kita peduli mutu? buktinya adalah saat kita sadar bahwa ketidaksesuaian mutu merupakan hal yang harus dihindari dan dicegah, misalnya:
  • sadar tidak akan mengirim barang yang tidak berkualitas ke pelanggan, karena efeknya akan merugikan diri kita sendiri
  • sadar bahwa reject proses akan membawa pada pembengkakan biaya operasional perusahaan.
  • sadar bahwa apa yang kita dapat sekarang adalah hasil dari pelanggan yang membeli produk dan jasa kita.
  • sadar bahwa kalau kita tidak melakukan perbaikan maka pelanggan dan kompetitor akan menggilas kita
  • sadar bahwa team work merupakan jalan terbaik dalam mengerjakan project-project baru di perusahaan
  • dll
Sudahkah anda peduli mutu hari ini?

Dear Pembaca yang budiman

Tulisan kami dapat Anda copy dengan menyebutkan sumbernya di mutupro.blogspot.com